Wacana Kartu Putih & Ekstra Pergantian Pemain

Michel Francois Platini punya ide mengemukakan kartu putih

NYON – Michel Platini tak pernah habis mengemukakan wacana-wacana inovatif. Setelah pernah mengajukan rencana kompetisi Euro digelar lintas Eropa, datang lagi pemikiran baru Presiden UEFA itu terkait regulasi hukuman buat pemain.
 
Dengan mengusung isu epidemi cercaan dan kata-kata kotor terhadap korps wasit, Platini mengajukan ide untuk memunculkan kartu putih. Terinspirasi dari liga hoki es di Amerika Serikat, nantinya wasit bisa mengeluarkan pemain untuk sementara waktu ke luar lapangan.
 
Nah, pemain yang diusir wasit dengan ganjaran kartu putih ini, nantinya akan dipaksa masuk ke ruang "penebusan dosa" atau sin-bin, selama 10 menit.
 
Namun Platini menegaskan bahwa kartu putih ini penggunaannya akan berbeda dengan kartu kuning yang lebih cenderung mengganjar pemain soal pelanggaran teknis.
 
"Hukuman ini jangan sampai keliru dengan kartu kuning, di mana untuk kartu kuning diberikan untuk pelanggaran teknis dalam pertandingan," papar Platini, seperti dilansir Goal, Jumat (17/10/2014).
 
Gagasan inovatif kedua yang diajukan Platini adalah soal penambahan pergantian pemain. Legenda hidup Juventus dan tim nasional Prancis itu ingin memberi dua pergantian ekstra untuk setiap tim pada saat jeda.
 
Ya, pergantian ekstra ini hanya akan bisa dilakukan wasit pada masa turun minum dari babak pertama jelang interval kedua, tanpa mempengaruhi jatah tiga pergantian pemain selama pertandingan bergulir.
 
"Penambahan dua pergantian pemain di masa istirahat, tapi tetap membolehkan tiga pergantian pemain selama berjalannya pertandingan," tuntasnya singkat.


(raw/okezone)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :