Tak Kunjung Diperhatikan Pemkab, Warga Kota Lama Gotong Royong Perbaikan Jalan

KUNTO DARUSSALAM, oketimes.com- Jalan Lintas Ujung Batu-Kota Lama  yang kondisinya semakin rusak parah, membuat warga yang menggunakan jalan tersebut berinisiatif untuk melakukan perbaikan sendiri. Puluhan warga Kelurahan Kota Lama bergotong royong memperbaiki jalan yang berlobang dengan semenisasi.
 
Dana yang dibutuhkan untuk perbaikan itu sendiri berasal dari H Sapri Soli, SE warga Kelurahan Kota Lama dengan sukarela menyumbangkan material berupa sirtu , semen dan transportasi. Perbaikan jalan tersebut langsung dilakukan puluhan orang dari semua element masyarakat Kelurahan Kota Lama secara bergotong royong.
 
Pelaksanaan gotong royong itu sendiri digagas oleh Lurah Kota Lama, Recko Roendra dan juga Ketua RT 05 Harapan Jaya, Simus. Sebelum memulai kegiatan, Lurah dan RT secara intens melakukan sosialisasi kepada warga.
 
"Kegiatan ini adalah untuk menindaklanjuti beberapa keluhan dari warga dan pengguna jalan yang sering mengalami kecelakaan laka tunggal yang meninggal ditempat di jalur ini akibat jalan yang rusak.Mayoritas  yang mengalami kecelakaan yakni pengguna jalan kendaraan roda dua dan roda empat  yang sering melewati jalan Ujung Batu-Kota Lama ini," ujar Lurah Kota Lama Recko Roendra, kepada wartawan saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.
 
Keluhan dari warga tersebut oleh Lurah, selanjutnya dikomunikasikan dengan aparat Lurah setempat, dan akhirnya menyepakati untuk menggelar gotong royong memperbaiki jalan. "Ternyata tanggapan dari warga sangat baik,terbukti  warga secara bergotong-royong melakukan perbaikan jalan tersebut," jelas Recko Roendra.

Terpisah, Ketua RT 05, Simus saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan perbaikan jalan mengatakan, keikutsertaan puluhan warga adalah bukti bahwa mereka sudah bosan melewati jalan yang rusak. Mengingat jalur ini merupakan akses utama bagi warga pengguna jalan saat melakukan aktifitas. "Warga juga sudah bosan menunggu perbaikan jalan lebih lama lagi dari pemerintah," tegas Simus.
 
Namun Lurah dan Ketua RT juga mengakui bahwa perbaikan jalan yang dilakukan sifatnya hanya sementara, karena dengan material yang seadanya dan biaya pas-pasan tentunya kualitas yang dihasilkan tidak maksimal. "Karena itulah, kami berharap kepada pemerintah agar segera memperbaiki, mengingat pentingnya akses jalan ini bagi warga," tandas Simus.
 
Hal senada juga diucapkan oleh Sumadi warga RT 05, RW 02 Harapan Jaya. "Kami sudah bosan melewati jalan yang rusak, perbaikan  ini kami lakukan dalam antisipasi korban kecelakaan yang kerap terjadi dijalur jalan tersebut," katanya.

Selesainya perbaikan jalan ini, dengan harapan kendaraan yang melintasi jalan tersebut berjalan aman dan lancar.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kelurahan Kota Lama yang telah merespon keluhan masyarakat, dan juga kepada Bapak H Sapri Soli, SE yang secara sukarela membantu secara materi untuk perbaikan jalan," ucap Sumadi. (ys)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :