Kembali Teken Mou dengan Desa Bebas Api

Meski Covid-19 Melanda Pertiwi, Asian Agri Komit Jaga Karhutla

Group Manager PT MUP, Herman Sembiring menyerahkan MOU Desa Bebas Api kepada Kades Desa Tambak, Nerwan Sopil (12/5/2020)

Pelalawan, Oketimes.com - Meski pandemik Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 masih melanda ibu pertiwi, Asian Agri perusahaan perkebunan kelapa sawit di wilayah riau, tetap menerapkan kewaspadaan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Perusahaan Asian Agri berkomitmen melakukan pencegahan sedini mungkin, agar  lokasi desa-desa yang rawan kebakaran hutan dan lahan dapat senantiasa siaga di tengah merebaknya pendemic Covid-19.

Demikian disampaikan GM PT MUP, Herman Sembiring, usai seremoni penandatanganan MoU Desa Bebas Api tahun 2020-2021 antara PT MUP - Desa Segati dan Desa Tambak, 12 Mei 2020 di Kantor Grup PT MUP Desa Segati Kelurahan Langgam Kabupaten Pelalawan.

Dikatakan Herman, kebakaran hutan dan lahan (karhutla), merupakan kejadian darurat yang tidak dapat diprediksi kapan kejadiannya. Lantaran itu, kebakaran hutan dan lahan menjadi masalah bersama dan harus ditanggulangi secara bersama.

Salah satu 'action' yang dilakukan perusahaan adalah program Desa Bebas Api yang menjadi kegiatan pencegahan dan bentuk partisipasi perusahaan dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di desa-desa rawan kebakaran.

Herman menyebutkan adapun desa yang tergabung dalam dalam program Desa Bebas Api tahun 2020, diantaranya berada di Kabupaten Pelalawan, yaitu Desa Segati, Tambak, Rantau Baru, Lubukbogong, Desa Bagan Limau.

"Melalui program Desa Bebas Api, kita (Asian Agri) berupaya membangun sinergi antara perusahaan dan desa dengan harapan mampu mengatasi permasalahan kebakaran hutan dan lahan di Propinsi Riau," ujar Herman.

Tahun ini imbuh Herman, merupakan yang ke-5 kali perusahan melakukan MoU dengan desa binaan program Desa Bebas Api, sekaligus membuktikan bahwa perusahaan tetap menjaga komitmen dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Berbeda pelaksanaan seremoni MoU Desa Bebas Api tahun ini dari tahun sebelumnya, dimana pelaksanaannya mengikuti protokol Covid 19 yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Ia menyebutkan, adapun mitra Desa Bebas Api Asian Agri berada di dua provinsi, yakni Riau meliputi Desa Segati, Tambak, Rantau Baru, Lubuk Ogong, Bagan Limau dan Jambi meliputi Desa Tuo Sumay, Teriti, Muara Sekalo, Semambu dan Suo-Suo.

Turut berpartisipasi dalam MoU tersebut, yakni Imam Setyadi (Manager PT MuP), Kevin Tigo (Humas PT MUP), Nerwan Sopil (Kades Tambak), Syopian (Kades Segati), Zulkatab (Masyarakat Peduli Api), dan Engdri (FFVP Officer PT MUP).

Nerwan Sopil selaku Kades Tambak mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada Asian Agri, atas terlaksananya program Desa Bebas Api di desanya.

"Kami berharap kegiatan ini senantiasa terus berlanjut dan tentunya apa yang kita harapkan bersama agar tidak terjadi kebakaran di desa dapat senantiasa terwujud," tuturnya.***

 

Tags :berita
Komentar Via Facebook :