Rangsang Barat Tuan Rumah MTQ Kepulauan Meranti

SELATPANJANG,riaueditor.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti menetapkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan 30 Oktober  sampai 3 November mendatang. Kecamatan Rangsang Barat ditunjuk sebagai tuan rumah.

Kepala Bagian Kesra Setdakab Kepulauan Meranti, Ahmad Yani,S.Pi mengungkapkan, rapat koordinasi sudah dilakukan beberapa kali. Persiapan juga akan segera dimatangkan segera agar pelaksanaan MTQ dapat berjalan lancar nantinya.

"Pelaksanaan MTQ di halaman Kantor Camat Rangsang Barat, Desa Bantar. Kita sudah tetapkan pelaksanaan dilakukan mulai 30 oktober sampai 3 november," ungkapnya.

Disebutkan Yani, persiapan yang mulai dilakukan mulai dari pemondokan kafilah sampai dengan pembangunan astaka.

 "Pemondokan khafilah akan dilakukan di rumah warga, sementara konsumsi khafilah juga sudah termasuk paket pemondokan. Sementara pembangunan astaka sudah akan dimulai pada pekan depan," ujar dia.

Sejumlah persoalan lainnya yang masih menjadi kendala di antaranya soal listrik, ketersediaan air bersih dan MCK. Untuk persoalan itu, Pemkab bersama instansi terkait akan segera menuntaskannya sebelum dimulainya MTQ.

"Untuk air bersih kita akan mengadakan Penampungan Air Hujan (PAH) melalui Dinas PU. Soal listrik kita akan berkoordinasi dengan pihak PLN dan masalah MCK nantinya juga akan dibangun, sehingga para khafilah akan nyaman selama pelaksanaan MTQ berlangsung," jelasnya lagi.

Peserta mengikuti MTQ di rangsang Barat nanti berasal dari 9 Kecamatan di Kepulauan Meranti. Juara MTQ tahun ini nantinya akan mewakili Meranti pada MTQ tahun depan (2015).  "Sedangkan untuk mewakili MTQ Provinsi Riau adalah para juara MTQ ke-5 pada tahun 2013 lalu, saat ini para Qori dan Qoriah sudah melaksanakan Training enter (TC)," tutup Ahmad Yani(ali/re)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :