Home / Pemerintahan / Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Meranti Gelar Pekan Muharram

Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Meranti Gelar Pekan Muharram

Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Meranti Gelar Pekan Muharram
anje/riaueditor.com
SELATPANJANG, oketimes.com Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah pada 25 Oktober mendatang, Pemkab Kepulauan Meranti sudah menyiapkan serangkaian kegiatan yang dibalut dalam Pekan Muharram, termasuk tausiyah agama dengan menghadirkan penceramah KH Sumarno Syafe`I dari Jakarta.

KH Sumarno yang biasa tampil mengisi tausiyah di program Damai Indonesiaku di TVOne akan memberikan ceramah pada malam puncak Muharram di Masjid Agung Darul Ulum pada Jumat (24/10) malam.

"Kita rencanakan KH Sumarno mengisi tausiyah usai shalat Isya berjamaah di Masjid Agung. Nantinya ceramah akan dilaksanakan di Masjid," ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Kepulauan Meranti Ahmad Yani dalam rapat bersama pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di ruang rapat Melati Kantor Bupati, Senin (7/10).

Menurutnya, dengan mendatangkan KH Sumarno diharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk hadir pada peringatan 1 Muharram tersebut. Dengan begitu, perayaan hari besar Islam pun akan meriah sehingga semakin meningkatkan syiar agama.

"Nantinya kita mengundang seluruh masyarakat muslim Kepulauan Meranti untuk menyaksikan tausiyah tersebut. Jika ruangan masjid tindak muat, kita akan siapkan tenda dan layar untuk memudahkan masyarakat menyaksikan," jelas Ahmad Yani.

Rapat itu sendiri dipimpin Ketua PHBI Kepulauan Meranti Haji Zubiarsyah dan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Anwar Zainal. Terlihat hadir Wakapolres Kepulauan Meranti dan sejumlah pengurus Masjid Agung Darung Ulum serta beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti. Dalam rapat itu juga dipaparkan sejumlah kegiatan memeriahkan Muharram.

"Kami sudah menyiapkan serangkaian lomba yang dibalut dalam kegiatan Pekan Muharram," jelas Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Ishak Izra`i.

Dijelaskannya, Pekan Muharram akan diisi lomba manasik haji tingkat SD, SLTP, dan SLTA, lomba nasyid untuk tingkat SLTP, lomba marhaban dan barzanji untuk tingkat SLTA, lomba kompang untuk tingkat SLTA dan lomba rebana untuk umum.
"Puncaknya kita akan menggelar pawai ta'aruf 1 Muharram yang akan diikuti secara umum," papar Ishak.

Adapun tema yang akan diangkat pada Pekan Muharram ini adalah Kobarkan semangat Hijrah dari Kemunduran akhlak menuju kemuliaan yang sempurna. "Kita harapkan seluruh komponen masyarakat berpartisipasi memeriahkan Tahun Baru Islam ini," tukas Haji Zubiarsyah.(je/rls/hms)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.