Pemkab Rohil Miliki Dua Puskesmas Rawat Inap Termegah di Indonesia

Bupati Rohil Suyatno meresmikan dua Puskesmas yang dipusatkan di UPTD Puskesmas Bagan Punak Jalan Kecamatan komplek perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi, Kamis (6/2/2020) lalu.

Rokan Hilir, Oketimes.com - Pemerintah Daerah Rokan Hilir (Rohil), saat ini terus membangun di semua sektor sekaligus membenahi berbagai kekurangan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan membenahi pelayanan kesehatan, baik di rumah sakit maupun pembangunan sarana dan prasarana Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di tingkat Kecamatan.

Di bawah kepemimpinan Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp, Kabupaten Berjuluk Negeri Seribu Kubah ini menaruh perhatian yang cukup tinggi di bidang kesehatan ini dan menjadi skala prioritas,disamping bidang pendidikan dan infrastruktur.

Disamping membenahi, melengkapi fasilitas medis maupun tenaga kesehatan yang diperlukan sejumlah fasilutas Puskesmas telah ditingkatkan statusnya menjadi puskesmas rawat inap.

Hal itu tentunya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sehingga untuk mendapatkan penanganan yang baik bagi masyarakat tidak harus bertumpu semua ke rumah sakit milik daerah.

Dalam tahun 2017 saja sudah ada empat puskesmas kategori rawat inap diantaranya Puskesmas rawat inap di Kecamatan Sinaboi, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kecamatan Pasir Limau Kapas dan Kecamatan Tanjung Medan. Jumlah tersebut bertambah pada tahun 2018, salah satunya berupa pembangunan puskesmas Kecamatan Bangko di Bagansiapiapi.

Mengacu pada jumlah kecamatan yang ada memang masih banyak yang perlu ditambah lagi keberadaan Puskesmas rawat inap sangat penting apalagi bila dibandingkan dengan Puskesmas biasa, relatif lebih lengkap.

Tahun ini Bupati Rohil Suyatno meresmikan dua Puskesmas yang dipusatkan di UPTD Puskesmas Bagan Punak Jalan Kecamatan komplek perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi, Kamis (6/2/2020) lalu.

Puskesmas yang diresmikan UPTD Puskesmas Bagan Punak di Kecamatan Bangko dan UPTD Puskesmas Rimba Melintang di Kecamatan Rimba Melintang.

Menurut Bupati pilihan Rakyat ini Kecamatan Bangko adalah pusat pemerintahan maka pelayanan kesehatan harus maksimal,ditambah lagi keberadaan pasien di rumah sakit umum setiap saat ramai, dengan adanya puskemas rawat inap di Bangko diharapkan menjadi pilihan masyarakat untuk berobat selain di Rumah Sakit dr Pratomo.

Pemkab Rohil memberikan perhatian yang besar untuk perluasan layanan kesehatan dengan membangun puskesmas rawat inap. Saat ini sebagian Kecamatan telah selesai dibangun Puskesmas rawat inap dengan kapasitas yang memadai. Baik dari segi bangunan, alat kesehatan maupun tenaga kesehatan yang bertugas.

Peningkatan dalam bidang kesehatan meliputi berbagai aspek baik kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), alat kesehatan, sarana prasarana penunjang dan lain-lain yang diharapkan mampu memberikan pelayanan  terbaik buat masyarakat di setiap Kecamatan.

"Kami telah membangun 2 Puskesmas pada tahun 2019 ini,untuk meningkatkan pelayanan kesehatan,mengunakan Dana DAK untuk Kelurahan Bagan Punak sebesar Rp5,5 miliar dan Kecamatan Rimbo Melintang Rp 4 miliar lebih dari Kementerian Kesehatan RI," ungkapnya.

Terakhir Bupati Suyatno berharap Puskesmas yang di bangun sangat megah ini dapat di rawat dengan baik,dan yang harus kita ingat perjuangan membangun Puskesmas adalah perjuangan Kadiskes Dahniar melalui dana alokasi khusus di kementerian kesehatan," pungkasnya sembari meneteskan air mata.***

 

Reporter   : Jhonari  / Editor  : Cardova

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait