Kadiskes: Puskesmas dan Pustu Rohil Belum Akreditasi

BAGANSIAPIAPI, oketimes.com- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) membeberkan bahwa semua keberadaan puskesmas didaerah belum terakreditasi oleh menteri kesehatan (Menkes). Pasalnya, dikabarkan bahwa pada 2015 mendatang hal itu baru dilakukan secara serentak.

"Kementrian Kesehatan RI dalam waktu dekat akan melakukan Akreditasi terhadap seluruh Puskesmas maupun Pustu yang ada di Indonesia, rencananya Akreditasi itu bakal dilakukan tahun 2015 nanti dengan cara menyeluruh dan Komprehensif."kata Kepala Dinas Kesehatan, Junaidi Saleh, Jumat (3/10).

Katanya, dengan kebijakan itu tentunya Dinas kesehatan (Diskes) yang ada di kabupaten/ kota harus melakukan pembenahan-pembenahan supaya Puskesmas yang ada di daerah bisa terakreditasi oleh Menkes.

Tanpa Akreditasi oleh Menkes tentunya kerugian itu akan dirasakan daerah maupun masyrakat dalam pelaksanaan Program BPJS. Namun pihak Diskes Rohil tetap berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pembenahan terhadap 15 Puskesmas yang ada di Rohil.

Dikatakan Junaidi, saat ini Puskesmas yang ada di Rohil belum ada yang masuk katagori Akreditasi, karena Puskesmas yang ada di Rohil belum ada memiliki syarat seperti bangunan dan sebaginya. Antara lain selain bangunan adalah termasuk ruang rawat inap, kecukupan dokter, dan lain -lain.

Namun demikian, dari 15 Puskesmas yang ada di Rohil, Puskesmas kecamatan Tanah Putih Sedinginan yang hanya memiliki Kategori standardization organization standardization (ISO).

Diakui Junaidi, Standar ISO itu lebih bagus dari Standar akreditasi yang dilakukan oleh Kemenkes RI. Namun pihak Diskes tetap Berupaya semaksimal mungkin akan melakukan pembenahan seperti apa yang diharapkan oleh Menkes.

"Karena dengan Akreditasi ini tentunya meningkatkan pelayanan terhadap kesehatan masyrakat, selain itu juga sebagai filter dan kendali mutu yang dapat dipercaya oleh masyrakat," ujarnya.

Terkait program BPJS dinilai sangat membantu masyrakat miskin, untuk itu Diskes Rohil akan berupaya semaksimal mungkin supaya seluruh Puskesmas yang ada di Rohil bisa terakreditasi oleh Kemenkes RI, sehingga Program BPJS bisa dilakukan dan dilaksanakan di Rohil ini dengan baik dan sukses, harapnya. (hen)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait