Home / Kesehatan / Diskes Akui 5956 Jiwa Warga Riau Terserang HIV

Diskes Akui 5956 Jiwa Warga Riau Terserang HIV

Diskes Akui 5956 Jiwa Warga Riau Terserang HIV
Int
ILustrasi

Pekanbaru, Oketimes.com - Berdasarkan data yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, sejak pertama kali dilaporkan tahun 1997 hingga September 2019 kasus HIV/AIDS cenderung meningkat.

Dikatakan Mimi, data dari tahun 2005 hingga September 2019 tercatat 5.956 kasus HIV. Sedangkan data dari 1997 hingga September 2019 terdeteksi sebanyak 2.607 kasus AIDS.

"Data ini menunjukkan bahwa kasus HIV/AIDS cenderung meluas keberadaannya di Provinsi Riau," terangnya, Kamis (12/12/19) di Pekanbaru.

Ia mengatakan, melihat hal itu pihaknya sangat prihatin dikarenakan jumlah kasus HIV/AIDS mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Mimi mengatakan, saat ini tercatat lima Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dengan jumlah kasus HIV tertinggi, yakni Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Ia melanjutkan, lima Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dengan jumlah AIDS tertinggi terdapat di Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat ditanah air khususnya Provinsi Riau untuk menerapkan hidup sehat demi mencegah dan mengendalikan penularan HIV/AIDS di Riau," ajaknya.***


Reporter   : Richarde
Editor        : Cardova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.