Sekdaprov Buka Rakor Pengawasan Daerah, Tiga OPD dan Pemda Terima Penghargaan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Inspektorat, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Daerah tahun 2019 di Hotel Premiere Pekanbaru, Selasa (10/12/19).

Pekanbaru, Oketimes.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Inspektorat, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Daerah tahun 2019 di Hotel Premiere Pekanbaru, Selasa (10/12/19).

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana, dan dihadiri Perwakilan BPK RI Provinsi Riau, Seluruh Kepala OPD Provinsi Riau, beserta pejabat Daerah Se-Provinsi Riau.

Tidak lepas, penyerahan penghargaan atas komitmen penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan Inspektorat daerah se-Provinsi Riau, juga dilakukan dan diterima oleh Pemko Dumai sebagai terbaik I, Kabupaten Siak terbaik II dan Rokan Hulu sebagai terbaik III yang menerima penghargaan berupa sertifikat.

Selanjutnya, penghargaan atas komitmen penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan Inspektorat Provinsi Riau juga diberikan kepada tiga Tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Riau, yakni. Terbaik 3 Rumah Sakit Jiwa Tampan, Terbaik 2 BPKAD, Terbaik 1 Dinas DPPA, Penghargaan berupa Sertifikat.

Sekretasris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya mengatakan bahwa tambahan penilaian resiko pengendalian dan perubahan paradigma aktif, juga telah mengubah dengan tidak melakukan pengawasan yang sifatnya untuk melakukan supervisi dan konsultasi manajemen.

"Sistem pengawasan adalah aspek penting dalam penyelenggaran pemerintahan strategis, yang mampu memberikan bagi organisasi supaya tujuan Pemerintah dapat tercapai," ujar Yan Prana Jaya mengawali sambutannya.

Sebagai mana diketahui lanjut Yan, bahwa fungsi pengawasan amat penting dalam sistem manajemen termasuk dalam organisasi Pemerintahan, oleh karena itu unsur pengawasan perlu mendapat porsi yang proporsional.

"Lemahnya sistem pengawasan akan meneyebabkan timbul nya peluang persoalan berperilaku menyimpang atau melakukan kecurangan, salah satu indikator keberhasilan pengawasan adalah ditindak lanjuti hasil pengawasan tersebut dengan cepat, tepat dan berkualitas," ulasnya.

Mantan pejabat Pemkab Siak itu juga menyebutkan kedepan, agar dapat lebih memperhatikan setiap program kegiatan yang dilakukan dengan baik, berhati- hati dan lebih bertanggung jawab atas tugas pekerjaan guna mengurangi terulang kembali temuan dan kelemahan pada masa masa yang mendatang.***


Reporter   : Richarde
Editor        : Cardova 

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait