Home / Hukrim / Pengamanan Instalasi, Aset dan Gakum, PLN Teken Kerja Sama dengan Polda Riau

Pengamanan Instalasi, Aset dan Gakum, PLN Teken Kerja Sama dengan Polda Riau

Pengamanan Instalasi, Aset dan Gakum, PLN Teken Kerja Sama dengan Polda Riau
Istimewa
Teken PKS: Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK, MSi melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan General Manajer PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Daru Tri Tjahjono dalam hal pengamanan Instalasi, Aset dan Gakum, Selasa (10/12/2019) di Kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri.

Pekanbaru, Oketimes.com - Guna menindaklanjuti nota kesepahaman antara Perusahaan Listrik Negara dengan Kepolisian Republik Indonesia dalam hal Pengamanan instalasi, aset dan penegekan hukum. PLN Unit  Induk Pembangunan Sumbagteng, melakukan penandatanganan PKS dengan Kepolisian Polda Riau dan Jajaran, Selasa (10/12/2019) pagi di Pekanbaru.

Bertempat di Kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PLN dengan Kapolda Riau berlangsung.

Penandatanganan itu, dilakukan serta dihadiri langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bersama jajaran Pejabat Utama Polda Riau dan Kapolres se- Riau.

Sementara dari pihak PLN, hadir General Manager PT PLN (Persero) Unit  Induk Pembangunan Sumbagteng, Henvry Setjiabudi, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk P3BS, Nur Wahyu Dhinianto, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara, Bambang Iswanto dan GM Induk Unit Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Danu Tri Tjahjono.

Sebagaimana diketahui, PLN Regional Riau terdapat 3 Unit Induk membawahi tiga wilayah seperti PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri Kepulauan Riau yang bergerak dibidang distribusi  tenaga listrik.

Kedua, PT PLN (Persero) UIP Sumatera Bagian Tengah yang fokus pada pembangunan konstruksi infrastruktur kelistrikan.

Ketiga PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera yang membawahi jaringan transmisi di Pulau Sumatera dan untuk Pembangkitan Tenaga Listrik yang dikelola oleh PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara berkantor induk di Medan serta di Kota Pekanbaru, pembangkit listriknya dikelola oleh UPDK Pekanbaru yang salah satunya mengelola PLTA Koto Panjang.

General Manajer PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Daru Tri Tjahjono mengatakan jangkauan dan konektivitas wilayah kerja PLN begitu besar di Riau. Bengitu juga soal instalasi dan asset tenaga listrik yang juga saat ini listrik sudah masuk dalam salah satu kebutuhan yang vital bagi masyarakat.

Selaras dengan itu lanjut Daru, kelangsungannya perlu dijaga, salah satunya membutuhkan sinergi bersama Kepolisian Daerah Riau, untuk menciptakan penanganan permasalahan keamanan yang dialami oleh PLN.

"Perjanjian kerja sama ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Nota Kesepahaman antara PT PLN (Persero) dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang Penyelenggaraan Pengamanan Instalasi dan Aset serta Penegakan Hukum di Lingkungan Kerja PT PLN (Persero) yang telah ditandatangani Direktur Utama PT PLN (Persero) pak Sofyan Basir dan Asisten Kapolri Bidang Operasi Inspektur Jenderal Polisi Drs. Unggung Cahyono pada tanggal 20 April 2017," terang Daru dalam sambutannya.

Daru menambahkan, dengan adanya Perjanjian Kerja Sama ini dapat meningkatkan koordinasi, pengawasan dan sinergitas antara PT PLN (Persero) Regional Riau dengan Kepolisian Daerah Riau beserta jajaran dalam rangka penyelenggaraan pengamanan instalasi dan aset serta penegakan hukum di lingkungan kerja PT PLN (Persero) se Regional Riau.

"Perjanjian Kerja Sama ini dilaksanakan meliputi kegiatan pengamanan instalasi/asset ketenagalistrikan seperti Pembangkit (PLTU, PLTG, PLTMG, PLTD), Gardu Induk dan Transmisi, Jaringan Distribusi maupun pengamanan pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan teman-teman Unit Induk Pembangunan (UIP)," paparnya.  

Selain itu, sambung Daru Tri Tjahjono, dalam rangka pengamanan pelaksanaan Penagihan Tunggakan, P2TL, dan Migrasi Listrik Pasca Bayar yang aktifitas atau kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung di unit-unit pelaksana yang tersebar di wilayah Provinsi Riau.

Sementara itu, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas terlaksananya penandatanganan PKS ini.

"Kami selaku Kepolisian Daerah Provinsi Riau telah menyepakati perjanjian kerja sama dan ini menjadi komitmen kami untuk memberikan pelayanan kepada PLN dalam Pengamanan Instalasi dan Aset serta Penegakan Hukum," kata Kapolda Riau dalam sambutannya.

Kapolda Riau juga mengatakan dengan adanya kerja sama tersebut, setidaknya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manajemen PLN dan mengimplementasikan hingga ke unit pelaksana di lokasi.

"Semoga kerja sama ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh jajaran Manajemen PLN Regional Riau dan juga sinergi ini dapat diimplementasikan hingga ke unit pelaksana," pungkas Agung S.I.E.***


Reporter    : Richarde
Editor         : Ndanres Area

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.