Home / Politik / Pantau Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Riau Akan Buka Posko Pengawasan Hingga ke Pelosok Desa

Pantau Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Riau Akan Buka Posko Pengawasan Hingga ke Pelosok Desa

Pantau Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Riau Akan Buka Posko Pengawasan Hingga ke Pelosok Desa
Disediakan oketimes.com
Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan ketika menghadiri kegiatan Bimtek Peliputan dan Penulisan berita bagi Bawaslu Riau dan Bawaslu Kabupaten Kota di Riau, Kamis (7/11/2019) di Hotel Grand Central Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Peranan masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pilkada Serentak pada tahun 2020 mendatang di Riau, sangat dibutuhkan penyelenggara untuk ikut terlibat langsung dalam pengawasan tersebut.

Selaras dengan itu, Bawaslu Provinsi Riau, dalam waktu dekat ini akan melakukan sosialisasi dan pembentukan Posko pengawasan pelaksanaan Pilkada Serentak hingga ke tingkat Desa yang melibatkan antar aparat desa mulai dari Kepala Desa, Kaur, BPD, Bumdes, Kadus, RW dan RT.

"Program itu dinamakan Bawaslu Masuk Desa, yang menjadi program unggulan Bawaslu Riau untuk Pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang," kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan pada Wartawan usai acara kegiatan Bimtek peliputan dan penulisan berita bagi Bawaslu Riau dan Bawaslu Kabupaten Kota di Riau, Kamis (7/11/2019) di Hotel Grand Central Pekanbaru.

Diterangkannya, kegiatan Bawaslu Masuk Desa ini, sangat berguna untuk memberdayakan partisipasi masyarakat desa yang ada di daerah pelosok Kabupaten Kota di Riau, dalam rangka mengawasi pelaksanaan Pilkada di 9 Kabupaten Kota di Riau.

"Fungsinya sangat berguna sekali untuk kami dan masyakat juga, Karena mereka bisa ikut terlibat dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2020," ujar Rusidi Rusdan.

Secara teknis papar Rusidi Rusdan, nantinya pihak Bawaslu Riau dan Kabupaten Kota akan menghampiri masyarakat desa dan membentuk posko-posko di desa hingga ke tingkat aparat level bawah.

Dalam posko-posko tersebut lanjut Rusidi Rusdan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang aturan dan perundangan pelaksanaan Pemilu atau Pilkada serentak 2020 kepada masyarakat tersebut.

"Setidaknya kami akan membuat seperti papan pengumuman atau selebaran tentang ketentuan dan aturan dalam pelaksanaan Pilkada serta tugas dan fungsi Bawaslu Riau untuk melaksanakan pengawasan penyelengaraan Pilkada Serenatak 2020 di Riau," pungkas Rusidi Rudan mengungkapkan. ***


Reporter   : Richarde
Editor        : Cardova                                           

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.