Home / Hukrim / Tradisi Farewell dan Wellcome Parade Berjalan Hikmat, Ini Pesan Kapolda Untuk Masyarakat Riau

Tradisi Farewell dan Wellcome Parade Berjalan Hikmat, Ini Pesan Kapolda Untuk Masyarakat Riau

Tradisi Farewell dan Wellcome Parade Berjalan Hikmat, Ini Pesan Kapolda Untuk Masyarakat Riau
Istimewa
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bersama istri saat memasuki pintu masuk Upacara Tradisi Penyambutan dan pelepasan Kapolda Riau antara Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo, MM kepada Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.I.K, S.H M.Si Kamis 3 Oktober 2019 pagi, di lapangan Markas Brimob Jalan Ahmad Dahlan Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Upacara tradisi penyambutan dan pelepasan Kapolda Riau antara Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo, MM kepada Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.I.K, S.H M.Si Kamis 3 Oktober 2019 pagi, di lapangan Markas Brimob Jalan Ahmad Dahlan Pekanbaru, berlangsung hikmat dan lancar.

Upacara tersebut dihadiri oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Kejati Riau Uung Abdul Syakur, Danrem WB 031 atau yang mewakili, Ketua Pengadilan Tinggi Riau, tokoh adat LAMR Riau, dan tamu undangan lainnya.

Sementara dari jajarann Polda Riau, hadir Wakapolda Riau Brigjen Pol Wahyu Widada, para Pejabat Utama, pengurus dan anggota Bhayangkari serta personil jajaran Polda Riau.

Upacara Farewell dan Wellcome Parade Kapolda Riau itu, diawali dengan penyambutan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.I.K, S.H M.Si beserta istri yang memasuki pintu masuk Markas Brimobda yang diiringi prosesi pedang pora dan pengalungan bunga hingga menuju halaman upacara.

Iringan Kapolda Riau beserta istri itu, disambut oleh Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo dan istri, Gubernur Riau Drs Syamsuar, Tokoh Adat LAMR dan Forkopimda untuk segera dilakukan prosesi tepung tawar sebagai tanda menyambut kedatangan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi di tanah melayu untuk menunaikan tugas sebagai Kapolda Riau.

Usai dilakukan prosesi tepung tawar oleh Gubernur Riau bersama tokoh Adat LAMR, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.I.K, S.H, M.Si beserta istri memasuki lapangan upacara tradisi Farewell dan Wellcome Parade Kapolda Riau yang bersama Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, MM.

Tak lama kemudian, prosesi penyerahan bendera pataka tuah sakti pun dilakukan Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo yang diserahkan kepada Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi sebagai tanda penyerahan tongkat pucuk pimpinan Kepolisian Daerah Riau kepada pejabat baru.

Kapolda Riau Irjen Pol. Agung Setya Iman Effendi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo, MM yang tengah menjalankan tugas selama ini di Riau, bersama istri yang selalu setia mendampingi semasa menjalankan tugas oleh pimpinan Polri.

"Secara pribadi dan kedinasan, saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Irjen Pol Drs. Widodo Eko Prihastopo, MM yang sudah menjalankan amanah pimpinan selama bertugas di Riau, begitu juga dengan ibu yang setia menemaninya. Semoga bapak dan ibu dalam keadaan sehat dan sukses selalu di tempat tugas yang baru," tutur Kapolda Riau Irjen Pol. Agung Setya Iman Effendi.

Irjen Pol. Agung Setya Iman Effendi, juga menyampaikan sambutannya kepada masyarakat riau bahwa keinginannya tetap menerapkan nilai-nilai kesantunan masyarakat Riau, termasuk kepada dirinya sendiri beserta jajarannya, agar membawa berkah yang lebih besar bagi semuanya.

"Riau adalah negeri yang santun, kami ingin membawa kesantunan terutama pada diri saya beserta jajaran (Polda Riau), untuk menjadi polisi yang santun, membawa masyarakatnya yang santun dan menyelesaikan masalah dengan santun," ujar mantan Direktur Tipideksus Mabes Polri dalam sambutannya.

Dia juga menyebutkan bahwa berkah besar untuk Riau bisa terwujud, ketika pemerintah dan masyarakat bisa menjalin kerjasama dengan baik.

Hal tersebut terbukti setelah acara penyambutan dan pelepasan ini diawali dengan Tepung Tawar, yang mengartikan bahwa kehadirannya tidak lagi sebagai tamu, melainkan bagian dari masyarakat yang harus menjujung tinggi nilai adat dan budaya di Riau.

"Kita memiliki kesamaan yaitu dimana bumi dipijak, disitu kita junjung langit setinggi-tingginya. Dan di langit itu, kita tahu ada banyak yang harus di kerjakan. Yang kita lihat pertama, adalah adat istiadat yang harus kita hormati. Mari kita bergerak bersama-sama, kita akan arungi perahu Lancang Kuning hingga sampai tujuannya," ujar mantan Deputi Siber Badan Intelijen Negara itu.

Tidak lupa, Agung juga mengajak masyarakat untuk bersama sama dengan Pemerintah Daerah, mewujudkan Riau yang lebih baik di masa mendatang.

Ditanya, tentang program kerja, khususnya dunia siber dan hoax di Riau, Agung menjelaskan bahwa yang pertama perlu dipahami adalah dunia siber alamnya lebih luas dan berhubungan langsung dengan dunia nyata.

"Untuk itu mari kita wujudkan perkembangan dunia siber ini untuk kesejahteraan. Banyak sekali yang bisa kita lakukan disana. Pembangunan 4.0 termasuk siber di dalamnya. Itu akan membuat masyarakat kita lebih baik di masa mendatang,” jelas alumni Akademi Kepolisian 1988 B ini.

Terkait dengan maraknya aksi di Riau dalam beberapa waktu terakhir, Kapolda mengaku memahaminya sebagai sesuatu yang perlu di dengar. "Mari kita pahami, kami ingin mendengar. Kami juga paham adik-adik ingin menyampaikan sesuatu," kata Kapolda.

Meski demikian, Agung mengingatkan bahwa Riau adalah negeri dengan masyarakat yang santun. "Saya paham bahwa masalah terkadang membuat kita emosi, tapi pahamilah bahwa kesantunan akan membawa berkah yang lebih besar," pungkas Agung Setya.

Usai menyampaikan kata sambutannya, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.I.K, S.H M.Si dan istri turut mengantarkan prosesi pelepasan Irjen Pol Drs Widodo Eko Prihastopo, MM beserta istri menuju gerbang pintu keluar Markas Brimobda Riau, yang diiringi tradisi pedang pora pelepasan pengantar tugas mantan Kapolda Riau itu.

Saat dilakukan upacara pelepasan Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo dan istri, tampak para pejabat utama, personil dan pengurus Bhayangkari Polda Riau turut menyampaikan salam penghormatan perpisahan kepada mantan pimpinannya itu, sembari mendoakan agar Allah Yang Maha Kuasa memberikan kesehatan dan sukses dalam menjalankan tugas di tempat yang baru.

Pantauan, selama  upacara tradisi Farewell dan Wellcome Parade Kapolda Riau itu dilakukan sejak pukul 07.30 WIB pagi, kegiatan berjalan hikmat, lancar dan tertib hingga tuntas pukul 10.00WIB.***


Penulis    : Ndanre Area
Editor     : Carodova   

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.