Home / Peristiwa / Fire Spot Nihil, Fenomena Kabut Asap Muncul di Air Hitam

Fire Spot Nihil, Fenomena Kabut Asap Muncul di Air Hitam

Fire Spot Nihil, Fenomena Kabut Asap Muncul di Air Hitam
Ist
Meski titik api nihil terpatau di Satelt Aqua Terra BMKG Riau, namun kabut asap pekat menyelimuti di sekitaran Jalan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Jumat (27/9/2019) pagi.

Pekanbaru, Oketimes.com - Meski titik api nihil terpatau di Satelt Aqua Terra BMKG Riau, namun kabut asap pekat menyelimuti di sekitaran Jalan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, Jumat (27/9/2019) pagi.

Akibat kabut asap tersebut, jarak pandang yang terbatas diperkirakan 100 meter itu sulit untuk di lintasi oleh pengendara motor di jalan alternatif tersebut dengan eksta berhati-hati.

Tidak sedikit pengendara roda dua, khususnya dari arah Jalan Garuda Sakti menuju pusat kota yang hendak melewati Jalan Air Hitam ini berbalik arah.

Jarak pandang karena pekatnya asap, serta tidak membawa masker lantaran cuaca udara mulai membaik, menjadi pertimbangan masyarakat.

"Asapnya pekat kali. Kok bisa gini ya, padahal asapkan sudah hilang. Mungkin ada kebakaran lagi di sekitaran Jalan Air Hitam ini," kata Yendri salah seorang pengendara roda dua saat melintas di jalan tersebut.

Pengendara lainnya juga banyak merasakan tidak nyaman atas kondisi ini. Sementara bagi kendaraan roda empat juga harus berhati-hati, karena asap tebal yang mengganggu jarak pandang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger, mengaku akan segera menindaklanjuti persolan itu dengan berkoordinasi secepatnya dengan Pemko Pekanbaru. Namun ia belum bisa memastikan apakah ada dan dimana titik kebakaran hingga timbulnya asap tebal tersebut.

"Kami koordinasi dulu apa masalahnya. Kebetulan sekarang kami juga mau patroli dari udara bersama tim Satgas Karhutla," kata  Edwar Sanger Jumat pagi.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Gurning mengaku tercengah dengan adanya fenomena tersebut dan menyebutkan bahwa di Pekanbaru tidak ada titik api (fire spot) di sekitaran kawasan Jalan Air Hitam.

"Tidak ada fire spot. Pekanbaru tu zero," kata Gurning Jumat (27/9/19).

Ditanya mengenai pekatnya asap sepertinya terpusat di kawasan Jalan Air Hitam, Gurning menyebutkan bahwa kabut asap itu, mungkin asap kiriman dari daerah lain, karena mata arah angin jalurnya berada di Pekanbaru yang berbetuk cekungan, sehingga angin susah keluar.

"Cuma arah angin, kita inikan dicekungan. Jadi agak payah dia keluar," pungkas Gurning.***


Reporter   : Richarde
Editor       : Cardova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.