Home / Serba Serbi / Korpolairud Baharkam Polri Siap Jalin Sinergi Lintas Sektoral Bersama Bakamla RI

Korpolairud Baharkam Polri Siap Jalin Sinergi Lintas Sektoral Bersama Bakamla RI

Korpolairud Baharkam Polri Siap Jalin Sinergi Lintas Sektoral Bersama Bakamla RI
Humas Bakamla RI For oketimes.com
Dalam rangka mensinergikan Pengelolaan Informasi Maritim bagi kepentingan pembangunan kelautan nasional, maka Korpolairud Baharkam Polri siap menjalin kerjasama dan sinergi lintas sektoral khususnya dengan Bakamla RI.

Jakarta, oketimes.com - Dalam rangka mensinergikan pengelolaan informasi maritim bagi kepentingan pembangunan kelautan nasional, maka Korpolairud Baharkam Polri siap menjalin kerjasama dan sinergi lintas sektoral khususnya dengan Bakamla RI.

Hal itu diungkap dalam pembahasan rencana kerja sama dan pertukaran informasi antara Bakamla RI dengan Bagopsnal & TIK Korpolairud Baharkam Polri di Gedung Bagopsnal, Dit. Polair Baharkam Polri, RE Martadinata, Tg. Priok, Jakarta Utara, kemarin.

Dalam pembahasan tersebut, Bakamla RI dipimpin oleh Kasubdit Informasi Kolonel Bakamla Muhamad Ali, SH dengan anggota yaitu Kasi Pengembangan Sistem Informasi Mayor Bakamla Insan Aulia, S.T, Analis Data Intelijen Mayor Bakamla Ika Kartika Suhardi, S.IP dan Analis Sistem Jaringan Lettu Bakamla Reza Gustav, S.T.

Hadir untuk menerima kunjungan tersebut, antara lain Kasubbag TIK AKBP Dedy Prayudi, Paur Tekkom Kompol Rois, Paur Tekinfo dan Pamin Bagtekom AKP Toto Hadi.

Masing-masing perwakilan dari kedua instansi saling menjelaskan kemampuan pantauan kapal dan konsep system surveillance yang digunakan.

Dikatakannya, secara umum Bagopsnal & TIK Korpolairud Baharkam Polri melakukan pantauan kapal menggunakan Automatic Identification System (AIS) dan Data Radar Satelit, dengan system pemantauan menggabungkan antara fungsi satelit, unsur kapal, informasi intelijen dan laporan masyarakat.

Sementara itu, Bakamla RI menyediakan sistem Dashboard Bakamla berbasis web (web base) dalam mengakomodir kebutuhan pengintegrasian sistem monitoring & pertukaran informasi.

Selanjutnya dibahas pula tentang konsep integrasi data informasi, baik itu tentang data center/pusat data maupun data exchange/pertukaran informasi.***


Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono.

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.