Diskominfo PDE Riau Gelar Diseminasi Informasi Wilayah Perbatasan

SELATPANJANG, oketimes.com- Diskominfo PDE Riau, bekerjasama dengan Dishubkominfo Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (24/9/2014), menggelar kegiatan Diseminasi Informasi Wilayah Perbatasan di Aula Kantor Camat Rangsang Barat, di Bantar. Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs. Masrul Kasmy, M.Si ini diikuti 200 peserta dari dua Kecamatan.

Kepala Dinas Kominfo PDE Riau, Ahmadsyah Harrofie, dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan itu bertujuan untuk membantu penyebarluasan informasi kepada masyarakat di wilayah perbatasan tentang kemajuan pembangunan, baik yang dilakukan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

"Kegiatan ini dalam rangka memberikan peningkatan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat di wilayah perbatasan tentang kebijakan, rencana strategi serta kemajuan pembangunan yang sudah, maupun sedang dilakukan pemerintah," ujarnya.

Selain itu, juga dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme yang tinggi bagi masyarakat di wilayah perbatasan negara dengan cara mengurangi kesenjangan informasi, serta menciptakan iklim distribusi informasi yang sehat dan mendorong terciptanya masyarakat informasi wilayah perbatasan yang berdaya saing tinggi.

Kepala UPT Media Center Diskominfo PDE Riau, Mastar Mahad, selaku Ketua Pelaksana menjelaskan kegiatan itu menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Informasi Publik Kemenkominfo RI, DR James Pardede, Kabid Penindakan Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau, AKBP Minar Nababan dan dari Badan Pengelola Perbatasan Provinsi Riau, Yurnalis.

"Salah satu yang mendasari pelaksanaan kegiatan ini adalah Undang-undang Nomor 8 Tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Pesertanya terdiri dari unsur Pimpinan Kecamatan, para Kepala Desa, Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh pendidik dari Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs Masrul Kasmy MSi, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, wilayah perbatasan merupakan garda terdepan sebuah negara, sehingga kondisi di wilayah perbatasan akan menjadi kesan pertama saat memasuki sebuah wilayah negara.

"Kegiatan Diseminasi informasi di daerah ini sangat ditunggu sejak lama. Karena informasi adalah sebuah kebutuhan yang penting. Seperti ungkapan orang bijak bahwa Siapa yang menguasai informasi, maka orang itu akan menguasai dunia," ungkapnya.

Wabup Masrul mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat mendorong penyebaran informasi tentang kondisi masyarakat di wilayah perbatasan, sehingga kondisi itu nantinya bisa menjadi isu nasional, bahkan internasional, yang apabila terdapat sebuah permasalahan dapat di tuntaskan bersama-sama.

"Wilayah perbatasan seperti di Kabupaten Kepulauan Meranti, sangat rentan masalah perekonomian, sosial budaya dan kriminalitas, disamping masih sangat terbatasnya infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat, serta menyangkut masalah bencana abrasi. Sehingga sangat membutuhkan dukungan bersama dalam mengatasinya," bebernya. (mj)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait