Home / Peristiwa / Ada Perbaikan, Jembatan Siak II Pekanbaru Lama Ditutup Sementara

Ada Perbaikan, Jembatan Siak II Pekanbaru Lama Ditutup Sementara

Ada Perbaikan, Jembatan Siak II Pekanbaru Lama Ditutup Sementara
Ist
Tetap Melintas: Penutupan Jembatan Siak II Pekanbaru lama dilakukan untuk sementara oleh pihak rekanan, akan tetapi jembatan Siak II Baru yang baru dibuka agar bisa dilintasi sebagai pengganti yang lama.

Pekanbaru, Oketimes.com - Ditenggarai adanya perbaikan Jembatan Siak II Pekanbaru oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR lewat Satker SNVT P2JN Wilayah Riau, akses jembatan siak II Palas lama ditutup sementara lantaran adanya perbaikan jembatan yang dilakukan pihak rekanan.

Pengguna jalan Palas, khususnya dari arah Pekanbaru menuju Dumai dan sebalikanya untuk sementara dialihkan ke jembatan II yang baru dibangun tahun lalu tepat berada disebelah jembatan Siak II lama.

"Jembatan Siak II yang lama sedang perbaikan. Makanya ditutup sementara agar proses perbaikan bisa maksimal. Jadi tidak ditutup selamanya, nanti kalau sudah selesai akan dibuka kembali," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Dadang Eko Purwanto lewat Kepala Bidang Bina Marga Yunnaris, ST pada awak media ini Senin 17 Juni 2019.

Diterangkan Yunan, perbaikan jembatan yang lama dilakukan oleh rekanan Satker SNVT P2JN Wilayah Riau, yakni perbaikan lantai dasar jembatan yang rusak, pengecekan dan pengencangan baut. Karena saat ini, jika dilintasi beban berat, bisa menyebabkan jembatan goyang pada bagian atasnya.

"Informasi yang kami terima, nanti bangunan lama jembatan Siak II akan dibuat kembar dengan bangunan jembatan Siak II baru yang berada tepat di sebelahnya. Tapi soal berapa besar anggarannya, saya tidak tahu pasti, karena dana yang digunakan anggaran APBN," pungkasnya.

Menurut Yunan, meski jembatan Siak II lama tak bisa dilintasi oleh pengendara, akses jembatan Siak II yang baru selesai bisa dilintasi oleh pengguna jalan. Artinya akses jembatan yang baru bisa digunakan sebagai pengganti jembatan yang lama menunggu perbaikan tuntas dilakukan pihak rekanan.    

Dengan begitu, dirinya mengimbau masyarakat yang melintasi jalan Palas, khusus dari arah Pekanbaru menuju Dumai dan sebaliknya agar dapat berhati-hati, karena ada perbaikan jembatan untuk sementara waktu.

Informasi yang dihimpun dari LPSE www.pupr.go.id terdapat pekerjaan Preservasi Rekonstruksi Duri – Kandis – Simpang Palas – Siak II (Pekanbaru) yang dimenagkan oleh PT Karya Bisa - PT Chandara Cipta Sarana (KSO) senilai Rp 119,02 miliar.

Porsi pendanaan infrastruktur tersebut berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara untuk pemeliharaan jalan dan jembatan tahun 2018 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebesar Rp 8,35 triliun untuk meningkatan kemantapan jalan poros utama dalam rangka penguatan daya saing bangsa dan mendukung sistem logistik nasional.***


Penulis  : Ndanres Area
Editor   : Cardoffa

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.