Home / Khazanah / Hari Ini Arab Saudi Umumkan Lebaran, Indonesia Besok, Ini Penjelasan LAPAN Soal Hilal

Hari Ini Arab Saudi Umumkan Lebaran, Indonesia Besok, Ini Penjelasan LAPAN Soal Hilal

Hari Ini Arab Saudi Umumkan Lebaran, Indonesia Besok, Ini Penjelasan LAPAN Soal Hilal
Ist
ILustrasi

Bandung, Oketimes.com - Perayaaan Idul Fitri di Arab Saudi jatuh pada Selasa, 4 Juni 2019, sedangkan Pemerintah Indonesia menetapkan Lebaran 2019 pada Rabu, 5 Juni. Selaras dengan itu, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Thomas Djamaluddin mengungkap beberapa alasan dan faktor penyebabnya.

Menurut Djamaluddin, wujud bulan di Arab Saudi dilaporkan telah terlihat saat magrib pada Senin, 3 Juni 2019 kemarin. Sehingga mereka ditetapkan 1 Syawal jatuh pada 4 Juni 2019.

Diterangkan Djamaludin, saat proses pengamatan (rukyat) di Saudi, posisi bulan sebenarnya secara astronomi terlalu rendah. "Hilal terlalu tipis untuk mengalahkan cahaya senja," kata Profesor Riset Astronomi-Astrofisika seperti dilansir dari tempo, Selasa, 4 Juni 2019.

Meski begitu, kabarnya ada saksi yang menyatakan melihat hilal. Menurut Djamaluddin, di Arab Saudi kesaksian tidak diuji dengan data astronomi, tetapi langsung diterima. "Maka ditetapkan 1 Syawal pada 4 Juni," ulasnya.

Pasca Arab Saudi mengumumkannya, beberapa negara tetangga dan komunitas muslim di Eropa mengikutinya. Sementara di Indonesia kondisinya berbeda.

Selaras dengan itu, Astronom peneliti di Observatorium Bosscha Moedji Raharto, lewat tulisan di laman Langitselatan.com, menyebutkan perhitungan astronomi menunjukkan bahwa ijtimak akhir Ramadan 1440 H bertepatan dengan hari Senin 3 Juni 2019, jam 17:02 WIB.

Tinggi bulan saat sunset atau matahari tenggelam di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, yaitu -0,4 derajat atau masih di bawah ufuk, sudut elongasi 2,52 derajat, dan umur bulan 0,72 jam. Sehingga diketahui, bahwa tanggal 3 Juni merupakan 29 Ramadan 1440 H, dan merupakan jadual sidang itsbat awal Syawal 1440 H.

Posisi hilal 3 Juni, kata Moedji, berada di bawah kriteria. "Jadi hilal baru bisa diamati pada tanggal 4 Juni 2019, setelah maghrib," kata pengajar di program studi Astronomi ITB itu. Maka 1 Syawal 1440 H di Indonesia akan jatuh pada Rabu 5 Juni 2019.***


Source     : Tempo
Editor       : Van Hallen

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.