Annas Pangkas APBD-P Riau Sebesar 2,4 Triliun

PEKANBARU, oketimes.com- Gubernur Riau, H Annas Maamun secara tegas memangkas Anggara Pendapatan Belanja-Perubahan (APBD-P) Riau senilai Rp2,4 triliun dari total APBDP Riau tahun 2014. Karena Gubri menilai, nominal yag dipangkas tersebut dianggap sebagai kegiatan tidak penting dan tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"APBDP kita sekarang Rp8,6 triliun, dari anggaran itu saya coret Rp2,4 triliun. Bayangkan saja, untuk Bimtek, pelatihan serta seminar saja menghabiskan Rp2,4 triliun dan sama sekali tidak menyentuh ke rakyat," kata Gubri, Sabtu (20/9).

Gubri sadar, pemotongan anggaran yang dianggapnya tidak penting itu membuat beberapa kalangan tidak suka akan kebijakannya. Bahkan, atas kebijakan itu, dirinya hampir setiap hari didemo tapi ia tetap mempertahankan itu.

"Saya tahu, dengan kebijakan saya ini banyak yang tidak suka. Tapi kalau aya biarkan seperti itu, Riau tidak akan menjadi apa-apa, apalagi dalam hal pembangunan," jelasnya.

Selain memangkas anggaran untuk seminar, pelatihan dan sebagainya, Gubri juga secara tegas juga mengalihkan anggaran Bantuan sosial (Bansos) senilai Rp1 triliun lebih. Menurutya, daripada memberikan bantuan secara cuma-cuma kepada orang, lebih baik ia membangun keperluan masyarakat secara langsung.

"Kalau ada yang minta bantuan, kita berikan berupa bangunan langsung. Tapi tidak memberikan uang langsung ke mereka, karena kejadian selama ini uang diberikan tapi bangunan tidak nampak," ujar Annas Maamun. (dea)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait