Hasil F1 GP Singapura 2014

Taklukan Marina Bay, Hamilton Rebut Pucuk Klasemen

Formula One, sirkuit Marina Bay

SINGAPURA – Lewis Hamilton penguasa baru Singapura! Tambahan 25 poin membuat Hamilton menggeser posisi Nico Rosberg di puncak klasemen sementara Formula One (F1) 2014. Rosberg sendiri mengalami malam yang sulit setelah mobilnya mengalami masalah pada sistem elektronik mesin.

Jalannya balapan

Nico Rosberg mengalami masalah pada mobilnya dan harus memulai balapan dari pit lane. Absennya Robserg menjadi keuntungan bagi Sebastian Vettel yang memulai balapan dari baris kedua. 

Sementara itu pembalap Ferrari, Fernando Alonso melakukan start dengan baik, sempat melesat ke posisi dua, namun ia melakukan kesalahan pada tikungan pertama, Vettel menyusul tiga tikungan setelahnya.

Lap pertama berlalu, Lewis Hamilton memimpin disusul oleh Vettel, Alonso, Daniel Ricciardo dan Kimi Raikkonen di posisi lima besar. Rosberg terlihat masih mengalami masalah dengan mobilnya dan melaporkan melalui radio team, sedangkan sistem rem mobil Ricciardo mengalami kepanasan saat balapan baru berjalan tiga lap.

10 lap berselang tak ada perubahan pada susunan top five di atas trek jalanan Marina Bay, Singapura. Rosberg masih kesulitan dan berada di urutan ke-20. Sementara itu Felipe Massa masuk pit, diikuti oleh drivers lainnya. Lap 14 Hamilton masuk lap juga.

Rosberg masuk pit, namun belum ada tanda-tanda dia akan kembali kelintasan. Jika memutuskan untuk mengakhiri balapan, maka posisi di puncak klasemen sementara F1 terancam oleh Hamilton. Strategi pit stop yang diterapkan Williams membuahkan keuntungan kepada Massa yang kini berada di depan Raikkonen. Lap 13 Rosberg resmi mundur dari balapan akibat masalah elektronik pada mobilnya.

Alonso mulai mendekati Vettel, kini keduanya hanya berjarak 2,1 detik pada lap 21. Sementara itu Hamilton memimpin dengan jarak 8,6 detik dari Vettel di lap ke-23. Di susul dengan masuknya Alonso ke pit untuk kedua kalinya, begitu juga dengan Vettel.

Memasuki setengah balapan, Hamilton masih memimpin disusul oleh Alonso, Vettel, Ricciardo, dan Jenson Button yang dapat menyalip posisi Felipe Massa. Akan tetapi Button baru satu kali masuk pit stop.

Insiden terjadi pada lap 30 antara driver Lotus, Romain Grosjean dan Sergio Perez dari Force India. Dalam tayangan ulang, Perez terlalu agresif saat mencoba menyali Grosjean, lantas gesekan pun tak terhindarkan dan menyebabkan sayap mobil Perez terlepas. Safety Car terlihat di atas lintasan.

Balapan telah berlalu 40 lap, Hamilton mencatatkan waktu lap terbaik 1 detik 50,417 detik dengan menggunakan ban jenis super-soft. Kini dirinya memimpin 7,6 detik dari posisi kedua yang kembali ditempati oleh Vettel.

Ricciardo membuntuti seniornya, diikuti oleh Alonso yang telah masuk pit stop untuk ketiga kalinya. Duo Williams, Massa dan Bottas berada di urutan kelima dan enam. Lap 42 Hamilton memperlebar jarak menjadi 9,7 detik dari Vettel.

Kecepatan mobil Hamilton kian tak tertandingi, 11 menit jelang balapan usai Hamilton memimpin hingga 26 detik lebih di depan juara dunia empat kali itu. Jika tak melakukan kesalah sendiri, bisa dipastikan Hamilton akan menjadi penguasa sirkuit jalan raya Marina Bay, Singapura tahun ini.

Last lap! Sesuai dengan julukannya The Boss, Hamilton benar-benar tampil luar biasa di negeri tetangga Indonesia itu dan menyentuh garis finish! Disusul duo Red Bull, Vettel dan Ricciardo. Posisi keempat dan lima ditempati oleh Alonso dan mantan rekannya di Ferrari, Massa.

Berikut hasil lengkap F1 GP Singapura 2014:

1. Lewis Hamilton Britain Mercedes-Mercedes 60 laps 2hr 00m 04.795s
2. Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault +00m 13.5s
3. Daniel Ricciardo Australia Red Bull-Renault +00m 14.2s
4. Fernando Alonso Spain Ferrari-Ferrari +00m 15.3s
5. Felipe Massa Brazil Williams-Mercedes +00m 31.0s
9. Jean-Eric Vergne France Toro Rosso-Renault +00m 45.6s*
11. Sergio Perez Mexico Force India-Mercedes +00m 47.8s
7. Kimi Raikkonen Finland Ferrari-Ferrari +00m 49.4s
8. Nico Hulkenberg Germany Force India-Mercedes +00m 50.4s
10. Kevin Magnussen Denmark McLaren-Mercedes +00m 50.9s

6. Valtteri Bottas Finland Williams-Mercedes +00m 53.7s
12. Pastor Maldonado Venezuela Lotus-Renault +00m 55.5s
13. Romain Grosjean France Lotus-Renault +00m 56.6s
14. Daniil Kvyat Russia Toro Rosso-Renault +01m 00.5s
15, Marcus Ericsson Sweden Caterham-Renault +01m 22.6s
16. Jules Bianchi France Marussia-Ferrari +01m 22.9s
17. Max Chilton Britain Marussia-Ferrari +1 lap

Rtd Jenson Button Britain McLaren-Mercedes 53 laps completed
Rtd Adrian Sutil Germany Sauber-Ferrari 41 laps completed
Rtd Esteban Gutierrez Mexico Sauber-Ferrari 18 laps completed
Rtd Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes 14 laps completed
Rtd Kamui Kobayashi Japan Caterham-Renault 0 laps completed

(fmh/okezone)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :