Home / Pemerintahan / Minta Status Jalan Rantau Berangin Jadi Jalan Nasional, Komisi IV DPRD Rohul Temui Gubri

Minta Status Jalan Rantau Berangin Jadi Jalan Nasional, Komisi IV DPRD Rohul Temui Gubri

Minta Status Jalan Rantau Berangin Jadi Jalan Nasional, Komisi IV DPRD Rohul Temui Gubri
Humas Pemprov Riau For Oketimes.com
Gubri Syamsuar didampingi Wagubri Edy Natar Nasution dan Ketua DPRD Riau HJ Septina Primawati Rusli, Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi dan Perwakilan Polda Riau saat mempimpin Rapat Forkopimda Riau bersama Tim Koordinasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Instansi Vertikal Provinsi Riau Tahun 2019 di ruag rapat Melati Kantor Gubri LT III Pekanbaru, Rabu 29 Mei 2019.

Pekanbaru, Oketimes.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul), mengusulkan peningkatan status jalan Rantau Berangin hingga perbatasan Sumatera Utara (Sumut) dari Jalan Provinsi menjadi Jalan Nasional pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Usulan itu, dilakukan guna mengurangi beban biaya yang ditanggung oleh daerah atau Pemkab Rokan Hulu, apalagi penggunaannya masih dominan warga Sumatera Utara (Sumut) atau pemilik kendaraan CPO yang kerap melintas di jalan tersebut.

Usalan dilakukan oleh Komisi IV DPRD Rohul dan diterima langsung oleh Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Dadang Purwanto dan instansi vertikal lainnya beserta staff di ruang rapat Wakil Gubernur Riau, Rabu 29 Mei 2019 siang.

Dalam pertemuan itu, Ketua Komisi IV DPRD Rohul, Nono Patria Pratama mengatakan sekaligus Ketua rombongan dengan delapan orang anggotanya, ada beberapa hal yang ingin dikoordinasikan ke pihak Pemprov. Terutama masalah upaya peningkatan status Jalan Rantau Berangin hingga ke Sumut menjadi Jalan Nasional.

"Sebelumnya sudah kita lakukan koordinasi dengan pihak Kementerian PU, Bappenas, Balai Kementerian yang ada di Sumut. Kelihatannya pihak Sumut keberatan dengan perubahan status ini. Karena akan mengurangi pendapatannya, terkait adanya pelabuhan mereka yang melewati jalan tersebut. Inilah kami perlu pertanyakan ke Pemprov agar perjuangan perlu dilakukan," paparnya.

Menanggapi keinginan tersebut, Kepala Dinas PUPR Riau Dadang Purwanto menyebutkan apa yang menjadi usulan Ketua Komisi IV DPRD Rohul, Nono Patria Pratama sudah menjadi agenda dari Provinsi untuk diusulkan ke pusat dan juga sudah masuk dalam rencana kegiatan di Bappennas pusat.

"Inikan sudah jadi agenda kita saat ini, selain soal status jalan Dumai masuk ke Siak. Bahkan sudah masuk dalam agenda Bapennas juga. Tinggal meningkatkan koordinasi dengan Pemprov Sumut," terang Dadang kepada rombongan Komisi IV DPRD Rohul itu.

Setelah mendapat penjelasan tersebut, Komisi IV DPRD Rohul sedikit lega dan minta pada Pemprov Riau untuk serius dengan rencana tersebut.

"Jangan nanti hal ini sampai batal atau akan ke akan saja. Tapi harus diikuti dengan persiapan segala hal yang jadi persyaratan, sehingga diharapkan tahun 2020 peningkatan status ini sudah terwujud," harap Ketua Komisi IV DPRD Rohul, Nono Patria Pratama sembari mengingatkan.***


Reporter   : Richarde
Editor       : Cardoffa   

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.