Home / Pendidikan / Sempat Demo, Belasan Guru Honorer Ini Sumringah Usai Ketemu Gubri

Sempat Demo, Belasan Guru Honorer Ini Sumringah Usai Ketemu Gubri

Sempat Demo, Belasan Guru Honorer Ini Sumringah Usai Ketemu Gubri
Gubri H Syamsuar didampingi ASS I Setdaprov Kepala BKD Riau dan Kepala OPD terkait saat memimpin pertemuan dengan guru honorer di lingkungan Pemprov Riau bertempat di ruang rapat sekdaprov riau lantai II kantor Gubri Pekanbaru, Rabu 29 Mei 2019.

Pekanbaru, Oketimes.com - Belasan guru honorer yang tergabung dalam Forum Komunikasi Guru dan Pegawai Honor Sekolah Negeri (FORGUPAHSN) Provinsi Riau, temui Gubernur Riau Drs H Syamsuar di ruang rapat kantor gubri Lt 3 Pekanbaru, Rabu 29 Mei 2019 siang.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Asisten I Setdaprov Riau, sejumlah kepala OPD pemprov terkait, seperti Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Rudianto, Kepala Badan BPKAD Syarial Abdi, Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan, Kaban Kesbangpolinmas, Khairul Rizky dan Kadisnaker Riau Rasidin Siregar dan staf lainnya.

Dalam pertemuan itu, kehadiran para guru honor tersebut ingin menyampaikannya lima tuntutan, diantaranya terkait Tunjangan Hari Raya (THR) dan soal sertifikasi guru, namun dua tuntutan ini belum bisa terakomodir.

Sedangkan tiga tuntutan lainnya, yakni mendapatkan pelayanan dari Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan, penyesuaian gaji sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP) dan pemberian pelatihan guna meningkatkan kopentensi guru honer kedepan bisa diakomodir.

"Untuk THR dan sertifikasi, kita memahami. Namun inikan ada aturan hukum. Belum bisa, karena menyangkut aturan dan juga kebijakan pemerintah pusat. Kalau BPJS, pelatihan, penyetaraan honor sesuai UMP insya Allah bisa," kata Gubri Syamsuar kepada perwakilan guru honorer itu dalam pertemuan tersebut.

Menurut Gubri, harapan untuk mendapatkan dua poin tuntutan itu dianggap sangat penting, akan tetapi terkait THR belum bisa dipenuhi. Meski begitu, pemprov riau akan memperhatikan tuntutan THR tersebut kepada para guru honorer Pemprov Riau.

Terkait itu, Ketua DPP FORGUPAHSN Eko Wibowo berharap apa yang menjadi tuntutan bisa menjadi perhatian Pemprov Riau ke depan dan berharap pemprov riau memprioritaskan guru honorer sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2019.

Selain itu, mereka juga berharapa ada kenaikan gaji guru honorer sesuai UMP tahun 2019, tambahan penghasilan Pekerjaan (TPP) 2019, pelatihan pada guru honorer dan juga THR setiap tahunnya.

Dari hasil pantauan, sebelum para guru honorer tersebut bertemu dengan Gubri, para guru itu sempat mengitari Jalan Cut Nyak Dien beberapa kali. Bahkan sempat menyampaikan aspirasinya di pintu pagar utama Kantor Gubernur dan kantor DPRD Riau. Namun, aksi itu hanya berlangsung sesaat, lalu diminta menyampaikan segala tuntutan tersebut langsung kepada Gubri.***


Reporter     : Richarde
Editor          : Cardoffa

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.