Home / Khazanah / Alfedri Arahkan Baznas Lakukan Pola Produktif Ala Agro Bisnis

Alfedri Arahkan Baznas Lakukan Pola Produktif Ala Agro Bisnis

Alfedri Arahkan Baznas Lakukan Pola Produktif Ala Agro Bisnis
Sulaiman
Alfderi saat memberikan arahan ketika menghadiri acara Gemar Siak berzakat (Gemar VI) di Masjid Babussalam Kp. Bukit Harapan Kecamatan Kerinci Kanan Siak, Minggu 26 Mei 2019.

Siak, Oketimes.com - Bupati Siak Drs. H. Alfedri MSi, mengarahkan Baznas Kabupaten Siak, melaksanakan program pola produktif dengan cara agro bisnis kedepannya dalam waktu dekat ini.

Hal ini disampaikan Alfderi saat memberikan arahan ketika menghadiri acara Gemar Siak berzakat (Gemar VI) di Masjid Babussalam Kp. Bukit Harapan Kecamatan Kerinci Kanan Siak, Minggu 26 Mei 2019.

Dia tegaskannya, dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan kaum Duafa agar lebih layak, diharapkan Baznas Siak mengarahkan Pola Produktif itu dengan melakukan Penanaman Ubi Casesa (ubi racun) yang hasilnya saat ini sangat menjanjikan.

Apalagi lanjut Alfedri, saat ini Baznas telah melakukan MoU bersama pihak perusahaan Tepung Tavioka PT Asrindo Subur Makmur yang berlokasi di kecamatan Kandis.

"Mari kita manfaatkan lahan lahan tidur yang selama ini tidak dimanfaatkan, agar bisa dijadikan sebagai lahan produktif khusus untuk para mustahik dengan menanam ubi casesa di lahan itu," serunya.

Selain itu, Bupati Siak ini juga memberikan apresiasi terhadap pihak Kecamatan dan Upz-upz yang ada kecamatan Kerinci Kanan, karena telah bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh dalam menjalankan amanah Allah Swt, sehingga pada GEMAR tahun 2019 ini bisa mengumpulkan zakat senilai Rp372.301.000.

"Jumlah ini merupakan jumlah pengupulan terbanyak di 12 kecamatan di kabupaten Siak, selain dari Kecamatan Siak dan Mempura. Hal ini perlu dicontoh oleh Upz kecamatan yang lainnya," harap Alfedri.

Ketua Baznas Kabupaten Siak H. Abdul Rasyid Suharto Pua Upa M.Ed melalui Ketua I H Samparis bin Tatan SPdi, mengatakan Gemar VI yang saat ini dilaksanakan di Kecamatan Kerinci Kanan, Pengumpulannya mengalami kenaikan lebih kurang 78 persen dari pengumpulan Gemar tahun 2018 lalu.

"Ini patut kita apresiasi kepada pikak kecamatan dan Upz yang ada di kecamatan Kerinci Kanan," ujarnya.

Sementara untuk perolehan Zakat pada Gemar VI (enam) Tahun 2019 ini, Baznas sudah mencapai target yang telah ditentukan berkisar diangka Rp 2,1 miliar.

Meski begitu lanjut Samparis, kegiatan Gemar VI masih ada dua kecamatan yang belum dilaksanakan, yakni di Kecamatan Bungaraya dan Kecamatan Koto Gasib.

"Kita berharap didua Kecamatan ini nanti pengumpulan Zakatnya meningkat dari tahun kemarin," harap Samparis.***


Reporter     : Sulaiman
Editor         : Cardoffa  

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.