Home / Serba Serbi / Generasi Baru Indonesia Coast Guard Siap Emban Tugas Operasi Laut

Generasi Baru Indonesia Coast Guard Siap Emban Tugas Operasi Laut

Generasi Baru Indonesia Coast Guard Siap Emban Tugas Operasi Laut
Guna menghadapi tantangan tugas operasi laut yang kian kompleks, sebanyak 14 personel baru Indonesia Coast Guard berlatih kemampuan pemeriksaan dan penggeledahan kapal di Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/5/2019).

Jakarta, Oketimes.com - Guna menghadapi tantangan tugas operasi laut yang kian kompleks, sebanyak 14 personel baru Indonesia Coast Guard berlatih kemampuan pemeriksaan dan penggeledahan kapal di Pantai Marina Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/5/2019).

Selanjutnya, mereka akan bergabung menjadi Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla dan kemudian dilakukan pematangan kemampuan Visit Board Search and Seizure (VBSS) yang disampaikan oleh Kabag Logistik Sapras Kolonel Bakamla Andi Kriswanto.

Mereka akan mengawaki kapal Catamaran dan kendaraan air cepat Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) yang berada di perairan Jakarta. Sebagai generasi baru Indonesia Coast Guard, bimbingan dan pembinaan latihan berbagai macam metode latihan terus dilakukan, khususnya penganggulangan tindak kejahatan di laut, pencarian dan pertolongan korban bencana Search and Rescue (SAR) serta pengetahuan keselamatan lingkungan perairan.

Melalui latihan yang berkesinambungan diharapkan dapat meningkatkan kesiap siagaan personel ICG dan memiliki militansi tinggi dalam menghadapi dinamika tantangan tugas operasi laut yang semakin berat dan kompleks.

Diakhir pembekalan Kolonel Bakamla Andi Kriswanto menyampaikan materi pokok teknik boarding dari unsur patroli Bakamla ke kapal agar tetap terjaga dari aspek keamanan dan keselamatan personel pemeriksa.***


Autentikasi : Kasubbag Humas Bakamla Letkol Bakamla Mardiono.

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.