Elevasi Air Naik, PLTA Koto Panjang Buka Lima Pintu Air

Waduk PLTA Kota Panjang di Kabupaten Kampar Riau.

Pekanbaru, Oketimes.com - Tingginya intensitas hujan di hulu waduk, memaksa manajemen PLTA Koto Panjang, Kampar, Riau kembali membuka pintu pelimpah (Spillway Gate) waduk setinggi 30 centimeter (Cm). Pembukaan lima pintu akan dilakukan pada hari ini Senin, 4 Pebruari 2019 sekira pukul 09.00 WIB.

Dilansir dari media center riau, Pelaksana Harian (Plh) Manajer PLTA Koto Panjang, Frans Boyce Patiharauw mengatakan dengan dibukanya pintu pelimpahan, akan berdampak terhadap naiknya elevasi air sungai Kampar.

"Kenaikan elevasi sungai Kampar sekitar 30 sampai 60 centi meter. Makanya kita imbau kepada masyarakat yang beraktivitas atau bertempat tinggal di sepanjang sungai Kampar untuk berhati-hati dan waspada," ungkapnya pada wartawan Minggu, 3 Pebruari 2019 kemarin.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, mengaku pihaknya sudah menerima surat pemberitahuan pembukaan pintu waduk PLTA Koto Panjang.

Menurutya, dengan dibukanya pintu PLTA tersebut, pihaknya sudah koordinasi dengan BPBD Kampar, agar segera melakukan peringatan dini kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Kampar.

"Untuk mengantisipasi terjadinya banjir karena naiknya sungai Kampar, di sini BPBD Kampar yang banyak lebih banyak berperan. Kita harap mereka bisa siaga menghadapi dibukanya pintu pelimpahan PLTA," harapnya.***


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait