PT Tugu Palma Sumatera Sumbang Asap dari Inhu

RENGAT, Oketimes.com- Menjadi langganan setiap tahun terutama pada saat musim kemarau, wilayah Riau termasuk Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diselimuti kabut asap tebal, hingga tahun 2014 ini.

Dalam beberapa hari belakangan ini berbagai wilayah di kab. Inhu mulai diselimuti oleh kabut asap, yang terparah adalah di kecamatan Siberida dan kecamatan Peranap. Hal ini terjadi akibat adanya pembakaran lahan yang terjadi di daerah tersebut.

Berdasarkan pernyataan dari Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Penanggulangan Karhutla Kabupaten Inhu, Letkol Inf Albert Panjaitan yang juga Komandan Kodim 0302 Inhu bahwa hingga hari ini masih terdapat 21 titik api (hotspot) di wilayah Kabupaten Inhu.

"21 titik api itu ditemukan di Kecamatan Peranap sebanyak 15 titik, dan di Kecamatan Seberida sebanyak 6 titik," katanya.
 
6 titik api di Kecamatan Seberida bukan saja dari lahan warga, namun salah satunya terdapat di areal perkebunan sawit PT Tugu Palma Sumatera (TPS) yang berdampingan dengan PT Alam Sari Lestari.

Menyikapi hal ini, kata Albert, pihaknya telah melakukan pemantauan dan mengambil tindakan berupaya memadamkan titik api.

"Sebelumnya titik api juga terdapat di wilayah Rengat dan Kuala Cenaku, namun sudah dipadamkan," jelasnya.
(Ali)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :