Pariwisata Rohil akan Benahi Museum Sebagai Tujuan Wisata

Museum Ikan Bagan Siapiapi, Rokan Hilir

ROHIL, oketimes.com- Setelah dilantik beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga, H Zulkarnain beserta staf mulai bekerja keras untuk memperbaiki semua fasilitas pariwisata dan museum yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

Ditemui awak media Jum`at (29/08) di kantornya, Zulkarnain mengatakan akan secepatnya memperbaiki sarana dan prasarana pariwisata yang ada di kabupaten Rokan Hilir termasuk museum-museum yang menjadi minat para wisatawan dari dalam maupun luar kota. 

"Museum kita yang ada di kota Bagan Siapi-api ini semuanya tematik, tidak bercampur dengan yang lain seperti di kota –kota lain, contohnya museum Ikan, museum Sejarah, museum Muslim, dan museum Tiong Hoa," ujarnya.

Kesemua museum tersebut sudah terdaftar di Direktorat Museum Nasional, hanya untuk sekarang ini kita perlu menambah isi dari semua museum–museum tersebut. 

"Untuk Museum Muslim kita harus mencari Al-Qur`an peninggalan raja-raja jaman dulu, dan untuk museum sejarah kita akan mengupayakan mencari kembali Replika atau Pedang bersejarah yang telah dicuri, sampai saat ini upaya pencarian masih dilakukan namun belum berhasil," tambahnya lagi.

Kabupaten Rokan Hilir yang dikenal Negeri Seribu Kubah memang memiliki beberapa museum-museum bersejarah yang terletak di batu enam, berada strategis komplek Perkantoran di pinggiran muara sungai Rokan, 

"kedepannya saya akan mengajukan ke Departemen untuk mendapatkan bantuan dibidang Pariwisata, agar museum bisa kita buka setiap minggu dan akan menarik minat para wisatawan. Uang terpenting ada dukungan dari Bupati dan Dewan," tukasnya.(mdh)

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait