Home / Ekbis / Kabut Asap masih Selimuti Rokan Hilir

Kabut Asap masih Selimuti Rokan Hilir

Kabut Asap masih Selimuti Rokan Hilir
BAGANSIAPI-API, oketimes.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Rokan Hilir menyebutkan bahwa Kabupaten Rokan Hilir adalah salah satu wilayah yang potensial terimbas dampak kabut asap kiriman.

Seperti disampaikan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kabupaten Rokan Hilir melalui Kabid pengendalian Lingkungan, Suta Wirapraja ST kepada wartawan Sabtu (08/03) berdasarkan data Satelit NOAA hanya terdapat 3 titik panas (hotspot) pada 5 Maret lalu.

"ketiga titik api di Rohil tersebut diantaranya di Kecamatan Kubu satu titik api, Desa Tanjung Leban Kecamatan Kubu Babusalam satu titik api dan Desa Air Hitam Kecamatan Pujud satu titik api," terangnya.

Sementara data terbaru dari Satelit NOAA per tanggal 7 Maret 2014 hanya terdapat satu titik api persisnya di desa Rantau Kopar. "Semestinya dampak karhutla tersebut tidak separah sekarang ini," jelas Wira.

Suta menambahkan kabut asap belakangan ini banyak disumbangkan oleh Kabupaten/Kota yang berdekatan dengan Rohil, seperti Dumai, Bengkalis dan Meranti. "Kebetulan angin mengarah ke Rohil, jadi kita kena dampaknya," ujar Wira.(hen/oke)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.