Home / Ekbis / PDAM Sungai Lalak Tak Kunjung Berfungsi

PDAM Sungai Lalak Tak Kunjung Berfungsi

PDAM Sungai Lalak Tak Kunjung Berfungsi
RENGAT, oketimes.com- PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) di kecamatan Sungai Lala Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dinilai masyarakat sangat mubazir. Sebab sejak diresmikan awal Tahun 2013 lalu hingga saat ini perusahaan ini ini tidak berfungsi. Apalagi sumber air baku dinilai tidak layak komsumsi.

Salah seorang Masyarakat Sungai Lala yang enggan namanya dipublikasikan minggu (2/3) mengatakan keberadaan PDAM di Kecamatan Sungai Lala ini tidak aka nada manfaatnya sama sekali bagi Masyarakat, sebab masyarakat khawatir dengan sumber air yang dijadikan sebagai Sumber Air Baku oleh PDAM Sungai Lala ini, katanya.

Selain Sumber Airnya berasal dari Air Sungai yang kecil, Sungai tersebut juga berada diantara Perkebunan Kelapa Sawit, hal inilah yang sangat mengkhawatirkan masyarakat, karena diyakini Sumber Air PDAM ini akan terkontaminasi dengan Racun Rumput yang digunakan oleh warga maupun Perusahaan untuk membersihkan lahan sawit mereka, katanya lagi.

"Sebagai masyarakat kita sangat menyayangkan terjadinya hal ini, sebab besarnya dana yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk membangun PDAM ini menjadi Mubazir, karena hasilnya tidak dinikmati oleh masyarakat", ujarnya.

Parahnya lagi pada saat musim kemarau seperti yang terjadi saat ini Sumber Air yang dijadikan Sebagai Sumber Air Baku ikut kekeringan, sehingga air yang dihasilkan oleh PDAM Sungai Lala Kwlitasnya sangat buruk, dan bahkan tidak ada, jelasnya.

Untuk itu kita berharap kepada Pemerintah Daerah Kab. Inhu untuk meninjau kembali Keberadaan PDAM ini, jika perlu mengalihkan sumber air yang di jadikan sebagai Sumber Air Baku ketempat yang lebih layak sehingga dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat, harapnya.

Sementara itu Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Indra Kab. Inhu selaku Induk dari PDAM Sungai Lala Ir. Muhamad Afis menyatakan bahwa PDAM ini berpungsi sebagaimana mestinya dan tetap beroperasi sebagaimana biasanya, dan saat ini sudah ada 32 Pelanggan di PDAM Sungai Lala, singkatnya. (ali/oke)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.