Bupati Rohul Apresiasi Kerjasama Kemenag-Australia Akreditasi Madrasah

PS.PENGARAIAN, oketimes.com- Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs H Achmad, MSi diwakili Asisten II Setdakab Rohul, H Syaiful Bahri, S.Sos,MSi, memberikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama yang dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rohul dengan pihak Australia. Kerjasama tersebut dalam hal percepatan akreditasi 10 madrasah se Rohul.

Demikian disampaikan Syaiful Bahri ketika memberikan sambutan pengarahan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Program Kemitraan Pendidikan Indonesia-Australia, Senin (20/10) kemarin di aula Kantor Kemenag Rohul Jalan Ikhlas Kompleks Perkantoran Pemerintah, Kota Pasir Pengaraian.

Syaiful Bahri lebih lanjut mengatakan, apa yang dilakukan oleh Kemenag Rohul ini adalah merupakan sebuah terobosan baru dalam bidang pendidikan madrasah di Rohul, dalam rangka mempercepat akreditasi madrasah, sebab keberadaan dan eksistensi sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh akreditasinya.

Sedangkan Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan, MA dalam sambutannya mengatakan, untuk tahun ini Kemenag Rohul melakukan kerjasama dengan Australia dalam hal percepatan akreditasi 10 madrasah se Rohul, yaitu MTs As-Shohibiyah Bangun Purba, MTs Nurul Iman Mahato dan MTs Fathul Anwar Tambusai.

Selanjutnya MTs Menaming Rambah, MTs Bahrul Ulum Rambah Hilir, MTs PP Al-Hasanah Ujungbatu, MTs As-Shohwah Islamiyah Ujungbatu, MIS Binaul Ummah Tambusai Utara, MIS Darul Ulum Kota Tengah dan MIS al-Islam Kunto Darussalam.

Sementara, Direktur SNIP Drs. H. Syamsul mengatakan, percepatan akreditasi madrasah ini akan dilaksanakan dalam rentang waktu dua tahun dengan melakukan berbagai kegiatan, baik yang bersifat fisik maupun non fisik. Seperti pelatihan peningkatan mutu madrasah, peningkatan kualitas guru, Diklat pengelolaan keuangan, diklat manajemen peningkatan SDM dan lain sebagainya.

Selain itu, pihak Australia akan memberikan bantuan fisik sebesar Rp 1 Milliar, di mana masing-masing madrasah mendapatkan bantuan senilai Rp100 juta. "Dana ini merupakan dana hibah dari Pemerintah Australia yang harus dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan transparan," kata Syamsul.

Hadir dalam acara tersebut Kakan Kemenag Rohul Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan, MA, Kakanwil Kemenag Riau yang diwakili oleh Kabid Pendidikan Madrasah Drs H Afriliansyah Lubis, M.Pd, Direktur Sub National Implementation Pathner (SNIP) Perwakilan Australia Drs H Syamsul beserta tim teknis lainnya.(adv/hms/ys)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :