Home / Pemerintahan / Rapat Paripurna Sempena HUT Ke 15 Kabupaten Siak

Rapat Paripurna Sempena HUT Ke 15 Kabupaten Siak

Rapat Paripurna Sempena HUT Ke 15 Kabupaten Siak
man/oketimes
SIAK, oketimes.com- DPRD dan Pemkab Siak gelar Rapat Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Siak ke 15 yang berlangsung di gedung Panglima Jimbam DPRD Kabupaten Siak Minggu (12/10).

Bupati Siak Drs H Syamsuar, M.Si menyampaikan terhadap sejumlah capaian pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Siak yang sudah berlangsung selama 15 tahun, mulai dari pembangunan infrastruktur jalan yang terus meningkat, pembangunan air bersih, listrik, pertanian, pendidikan gratis, kesehatan gratis, pertanian, bidang ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta sejumlah prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Siak.
Dikatakan Bupati, pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah selama pemekaran memiliki rentang waktu yang cukup panjang untuk bisa sejajar dengan daerah lain.

"Saat dimekarkan, sebelumnya Kabupaten Siak hanya memiliki 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Siak, Sungai Apit dan Minas. Tapi setelah berusia 15 Tahun, Kabupaten Siak sudah memiliki 14 Kecamatan dan memiliki 130 lebih wilayah Desa dan Kelurahan," kata bupati.

Untuk itu HUT Siak yang ke 15 ini hendaknya dapat dijadikan momentum dalam mengemban amanah rakyat. Sebab tumbuhnya pemekaran ini tidak terlepas dari para pejuang dan tokoh-tokoh masyarakat Kabupaten Siak untuk bangkit menjadi daerah yang otonom sehingga Kabupaten Siak sudah mampu berdiri sejajar dengan daerah lain, katanya.

Untuk program penanggulangan kemiskinan, ada sejumlah yang sudah dijalankan diantaranya Program bantuan sosial terpadu berbasis keluarga, kemudian program berbasis pemberdayaan masyarakat pelatihan, program Berbasis Pemberdayaan Usaha Ekonomi Mikro dan Kecil, termasuk program lain yang dapat meningkatkan kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat miskin.

Sedangkan pelayanan kesehatan seperti penyediaan ambulance untuk RSUD 5 Unit, Ambulance untuk Puskesmas 23 unit serta mobil jenazah untuk RSUD sebanyak 2 unit.

Tak hanya itu untuk tahun 2014 ini Pemkab Siak juga membangun sarana dan prasarana Kesehatan, diantaranya Pustu 15 Unit, gudang obat 3 unit serta INST Farmasi sebanyak 1 unit.

Selain itu, pemkab Siak juga mengembangkan UED-SP 2005-2014 dengan total peminjam 29.110.orang.(man)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.