Home / Pemerintahan / Dinas BKP Berikan Bantuan Melalui Program PDMP

Dinas BKP Berikan Bantuan Melalui Program PDMP

Dinas BKP Berikan Bantuan Melalui Program PDMP
mdh/riaueditor.com
BAGAN SIAPIAPI, oketimes.com- Dua kecamatan yang berada di wilayah kabupaten Rokan Hilir mendapat bantuan dari Dinas Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Rokan Hilir, melalui program PDMP (Pemgembagan Desa Mandiri Pangan). Adapun dua kecamatan yang mendapat bantuan, yakni Pasir Limau Kapas dan Sinaboi.

Adapun kegiatan pengembangan desa mandiri pangan dilaksanakan di 4 Desa yakni Desa Sungai Bakau, Raja Bejamu, Panipahan dan Sungai Daun. Hal itu di ungkapkan Kadis BKP Drs H Surya Arfan MSi saat menggelar program PDMP di Pasir Limau Kapas, Sabtu (11/10).

Surya Arfan menuturkan, kegiatan Pemgembagan Desa Mandiri Pangan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan dengan pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil. Pelaksanaan kegiatan Pemgembangan Desa Mandiri Pangan ini sendiri sudah memasuki tahap kedua," sebut Surya Arfan.

Kecamatan Sinaboi yang mendampatkan bantuan program PDMP kepenghuluan Raja Bejamu dan Sungai Bakau. Sedangkan Kecamatan Pasir Limau Kapas, Sungai daun dan Panipahan dengan masing-masing Kepenghuluan menerima sebesar Rp 200 juta. Untuk pencairan dana tersebut, kelompok tani harus membuat proposal agar cepat di realisasikan," tandasnya lagi.

Sementara, Camat Palika M Nasir mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan Desa Mandiri Pangan melalui, satu pemberdayaan masyarakat miskin, dua penguatan kelembagaan masyarakat dan pemerintah, tiga pengembangan sistem ketahanan pangan, empat peningkatkan koordinasi lintas sector untuk mendukung pembangunan dan pengembagan sarana dan prasarana pedesaan.

Nasir berharap dengan adanya pelaksanaan PDMP melalui Dinas DBKP ini sangat membantu masyarakat Pasir Limau Kapas. "Saya minta kepada Desa yang mendapatkan bantuan tersebut agar semaksimal mungkin mempergunakan dana tersebut dengan sebaik baiknya<" katanya.

Seperti diketahui, tambahnya, pasokan sayur mayur kita berasal dari wilayah Sumatra Utara. Dengan adanya kelompok tani ini diharapkan dapat membuat pasokan sayur mayur untuk daerah kecamatan (Palika) Pasir Limau Kapas.

"Bagi kelompok yang tidak memiliki lahan, kita akan upayakan meminjam lahan yang kosong ke desa-desa yang berada di lingkungan Palika," ujar M. Nasir. (Mhd)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.