Program P4S Strategi 3 Zero

Bupati Kampar H Jefry Noer saat memberikan pengarahan kepada peserta Diklat P4S Kubang Jaya beberapa waktu Lalu.

SIAKHULU, oketimes.com- Program Pusat Pelatihan Petanian Pedesaan Swadaya Masyarakat (P4S) yang saat ini sudah menasional merupakan strategi pemerintah daerah kabupaten kampar untuk mewujudkan lima pilar pembangunan kampar yang bermuara 3 zero yakni Zero Kemiskinan, Zero Penggaguran dan Zero Rumah-rumah Kumuh bagi masyarakat Kampar.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Kampar H Jefry Noer,SH saat membuka diklat Program Pusat Pelatihan Petanian Pedesaan Swadaya Masyarakat (P4S) angkatan ke-  X dan XI tahun 2014 di Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Rabu (8/10) lalu.

Dijelaskan bahwa program P4S berlatarbelakang keprihatinan yang mendalam atas kurangnya ilmu masyarakat tentang pertanian khususnya di kabupaten Kampar serta masih banyaknya pengangguran dan ekonominya menengah keatas.
 
Para peserta Diklat diambil dari masyarakat yang kurang mampu dan memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk mengikuti, karena nantinya menjadi contoh oleh masyarakat lainnya. Disamping itu bagi para peserta yang minimal usia 25 tahun ke bawah yang tidak menamatkan pendidikan nantinya akan diikutkan sekolah Paket yang tamatan SD akan mengikuti Paket SMP, yang taman SMP akan diikutkan paket SMA.

Di P4S Kubang Jaya para peserta akan belajar dalam bidang Ilmu Pertanian, Peternakan dan Perikanan dengan pola 25% teory dan 75% praktek selama 15 hari.
 
Disamping itu para peserta diajarkan juga tata cara bekerja, ibadah, olahraga dan kebersamaan karena  selain dilatih oleh istruktur para ahli-ahli pertanian, peternakan dan perikanan para peserta juga dilatih oleh para anggota Kodim 0313 KPR.

Usai melaksanakan pelatihan para peserta sebanyak 142 orang , diharuskan membuat Kelompok Usaha Bersama dengan 9 orang anggota lainnya. Lalu mengajukan pinjaman modal usaha paling tinggi Rp 100 juta sesuai dengan bidang usahanya masing-masing yang akan dikelola dari Pemda Kampar melalui dana bergulir di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sarimadu.

Dengan demikian harapan Jefry agar para peserta P4S agar bisa mengikuti pelatihan ini dengan iklas dan sungguh-sungguhh, apabila para mayarakat miskin sudah memiliki usaha dan yang menganggur sudah bekerja maka Tri Zero yang kita harapkan diakhir tahun 2015 ini insyaalah akan tercapau, sebab apabila kita ingin berobah maka kita sendirilah yang akan merobahnya baik sikap, prilaku maupun ekonomi keluarga masing-masing. (sy)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :