Pasien Positif Corona Masih Nol

Dibawah Komando Bupati Suyatno Tim Gugus Tugas Covid 19 Rohil Bekerja Maksimal

Tim Gugus Tugas Perecepatan Penaganan Covid-19 Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Rokan Hilir, Oketimes.com - Sejak ditetapkan status tanggap darurat bencana non alam dalam percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Rokanhilir melalui Keputusan Bupati Rohil, H Suyatno hingga saat ini Kabupaten Rohil masih dapat dikategorikan zona hijau.

Sebab dari data yang di himpun Dinas Kesehatan rohil dan tim gugus covid 19, selain data ODP yang cenderung terus menurun hingga saat ini data PDP di rohil masih satu, begitu juga terhadap data yang fositif terkonfirmasi yang juga masih nol.

Menilik status Kabupaten Rohil yang masih dapat dikategorikan zona hijau bila dibandingkan dengan kabupaten/kota lainya karena belum adanya warga yang berstatus PDP hingga saat ini, tentunya hal ini dapat dibanggakan dan menunjukan bahwa dibawah arahan Bupati H Suyatno penanganan covid-19 di Rohil berjalan maksimal.

Keberhasilan dalam percepatan penanganan covid-19 di Rohil tidak terlepas dari kerja keras seluruh elemen yang ada di Rohil yang dituangkan dalam Keputusan Bupati Rohil tentang pembentukan gugus tugas percepatan penanganan covid-19.

Keputusan Bupati yang ditandatangani Bupati Rohil mempunyai tugas terpadu untuk menetapkan melaksanakan rencana operasional, mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan, melakukan pengawasan dan melaporkan pelaksanaan percepatan penanggulangan covid-19 kepada ketua pelaksana gugus tugas percepatan covid-19 yang diketuai langsung oleh Bupati.

Dengan gugus tugas yang terdiri dari gugus tugas kesehatan, gugus tugas area dan transportasi publik, gugus tugas area institusi pendidikan, gugus tugas area komunikasi publik dan gugus tugas bidang ekonomi, percepatan penanganan covid-19 dapat lebih terarah dan terkodinir dengan baik.

Sebagaimana terlihat dari kesiapan Dinkes Rohil dalam menghadapi penyebaran covid-19 mengingat keberadaan Rohil yang berdampingan dengan Dumai sebagai pintu masuk dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Walaupun rumah sakit rujukan telah ditetapkan, Dumai dan Pekan Baru, namun untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Rohil, kami telah menyiapkan ruang isolasi beserta tim tenaga medis yang diketuai oleh dokter spesialis paru bertempat di RSUD Pratomo Bagansiapiapi.

Dengan posisi Rohil yang berdampingan dengan Sumatera Utara dan Dumai sebagai pintu masuk negara tetangga, kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona terus ditingkatkan, walaupun pemeriksaan secara intensif telah dilakukan terhadap orang maupun barang dipelabuhan yang ada di Rohil.

Untuk itu tim beserta sarana pendukung berupa ruang isolasi di RSUD Pratomo Bagansiapiapi, RS Cahaya Di Ujungtanjung dan RS Indah di Baganbatu Kecamatan Bagansinembah terus disiagakan selama 24 jam.

Selain menyiagakan tim medis dan ruang isolasi di RSUD Pratomo Bagansiapiapi selama 24 jam nonstop, Dinkes Rohil juga menyiagakan Puskesmas-Puskesmas yang ada di Rohil untuk memantau setiap perkembangan kesehatan di tengah masyarakat," ujar Ahmda Yusuf selaku Sekretaris diskes Rohil dan juga selaku jubir tim gugus tugas covid 19 Rohil.

Selain mengoptimalkan seluruh gugus tugas dengan langsung terjun kelapangan, selaku ketua gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di Rohil Bupati H suyatno enunjukan komitmen penanganan covid-19 dengan menyediakan anggaran dana sebesar Rp 59 miliar untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Dari nilai Rp 59 milar yang telah dianggarkan Pemkab Rohil guna pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Dimana alokasi dana tersebut selain untuk operasional RSUD dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19, juga dialokasikan untuk insentif tenaga kesehatan baik di RSUD maupun di Puskesmas yang ada di Rohil serta tenaga surveilence maupun tenaga tugas pendukung lainnya seperti BPBD, Dishub dan lainnya

Guna memastikan seluruh gugus tugas bekerja sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, selaku ketua gugus tugas Bupati H Suyatno tak sungkan untuk terjun langsung kelapangan sebagaimana yang dilakukan saat mengunjungi Media Centre Percepatan Penanganan Covod-19 yang berada di Mess Pemda Rokanhilir.

Kedatangan orang nomor satu di Rohil ini untuk melihat langsung kesiapan Media Centre Percepatan Penanganan Covid-19 Rohil dalam memberikan informasi terkait perkembangan penanganan covid-19 di Rohil.

Langkah Bupati H Suyatno tidak terhenti sampai disitu saja, sebagai bentuk kepedulian terhadap awak media yang kerap melakukan peliputan terkait covid-19, Bupati H Suyatno sering menyambangi guna menyerahkan APD seperti Masker untuk dapat digunakan awak media dalam melaksanakan tugas peliputan covid-19.

Selain itu untuk memastikan Posko terpadu yang berada di pintu-pintu masuk Rohil bekerja secara maksimal dalam melayani masyarakat sesuai protokol penanganan covid-19, Bupati Suyatno juga melakukan peninjauan langsung kelapangan.***

 

Reporter   : Jhonari   / Editor  : Cardova


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait