Karwayan Positif Covid-19, Pabrik HM Sompoerna Tutup

ILustrasi, Karyawan PT HM Sampoerna

Surabaya, Oketimes.com - Pabrik rokok PT Sampoerna di Jalan Rungkut, Surabaya, berpotensi menjadi klaster besar COVID-19. Hingga hari ini, ada 100 orang yang di-swab dan positif.

Melansir detik.com, Ketua Rumpun Kuratif Satgas COVID-19 Jatim dr Joni Wahyuhadi mengatakan data hingga Rabu (29/4/2020), ada 100 orang karyawan yang menjalani rapid test. Hasilnya, mereka semua positif.

"Awalnya 63 diperiksa di-rapid test positif. Kini bertambah jadi 100," kata Joni di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (30/4/2020).

Joni menjelaskan 100 orang yang menjalani rapid test positif langsung diambil swab ke RSU dr Soetomo. Setelah diambil swab, mereka akan diobservasi di salah satu hotel di Surabaya.

"Langsung di-swab semua di Soetomo. Karena kita (Soetomo) bisa melakukan swab. Setelah itu, mereka diobservasi di hotel. Saya tidak kasih tahu hotelnya mana, nanti malah ketakutan," jelasnya.

Joni membeberkan jumlah tersebut mungkin bisa bertambah. Sejauh ini sudah ada 323 karyawan PT Sampoerna yang telah menalani rapid test.

"Dari 100 orang itu yang positif, 9 orang ada gejala dan diopname. Lainnya sehat masuk dalam OTG. Manajemen juga sudah menutup pabrik," terangnya.

Dirut RSU dr Soetomo ini menambahkan dua karyawan PT Sampoerna yang positif COVID-19 meninggal pada 14 April 2020.

"Itu sudah lama. Proses tracing terus dilakukan, ya," pungkasnya.***


Source   : Detik / Editor : Van Hallen

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait