Polisi Sebut Sumber Api dari Ruang Ibadah Utama, Kebakaran Gereja Christ Cathedral - GBI Basilea 60 Persen

Kebakaran di Gereja Christ Cathedral Padam.Kebakaran di Gereja Christ Cathedral Padam.

Tangerang, Oketimes.com - Kepolisian Resor Tangerang Selatan menyebutkan kebakaran Gereja Basilea Christ Cathedral di Desa Cihuni, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, berasal dari ruang ibadah utama di lantai 3.

Hal itu dikatakan Kapolres Tangerang Selatan (Tangsel) AKBP Iman Setiawan. Meski begitu, kata Iman, pemicu kebakaran tersebut masih belum diketahui dan kini polisi sedang memeriksa saksi-saksi dan pekerja di gereja tersebut.

"Saat ini masih dalam penyelidikan penyebabnya. Jadi belum bisa diketahui," kata Iman di lokasi tempat kejadia perkara, Senin (27/4/2020).

Imam juga menyebutkan bahwa saat pihaknya sedang mengambil saksi-saki untu dimintai keterangan. "Sedang kita periksa, kita ambil keterangannya, kemudian kita juga sedang mempelajari CCTV," anjut Iman.

Sementara untuk kerugian belum bisa ditaksir, polisi belum bisa menyimpulkan. "Nanti setelah kita lakukan penyelidikan kita akan sampaikan ke rekan-rekan sekalian," tambahnya.

Iman juga menyebutkan dari pihak pengelola gereja tidak memperbolehkan awak media meliput dan mengambil gambar kejadian tersebut. Kata Iman, hal ini ditakutkan asap kebakaran itu akan membahayakan keselamatan wartawan.

"Jadi kebakaran itu kan ada gas CO2 yang mungkin para wartawan termasuk juga kita petugas tidak boleh masuk dahulu. Karena kalau menghirup gas itu kan berbahaya," tandasnya.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Kosrudin mengatakan kebakaran hebat di Gereja Christ Cathedral Serpong, Kabupaten Tangerang, sudah padam dan kerusakan gedung akibat kebakaran mencapai 60 persen.

"Sekitar 60 persenlah. Bagian kelilingnya nggak runtuh. Ada beberapa yang runtuh bagian tengah karena kebakarannya di tengah. Jadi kalau kita lihat dari luar nggak kelihatan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Kabupaten Tangerang Kosrudin, saat dihubungi, Senin (27/4/2020).

Kosrudin juga membenarkan bahwa ruangan gedung yang rusak adalah lokasi utama ibadah. Sedangkan bangunan yang masih utuh adalah bagian lobi utama.

"Itu juga yang rusak di bagian vital. Bagian vital itu bagian musik, bagian persembahyangan jemaat bagian itu. Bagian depan, lobi (tidak terbakar). Iya tempat ibadahnya yang hancur tempat latihan musik dan segala macam. Yang nggak kena itu cuma lobi utama dan tidak ada korban jiwa," tuturnya.

Diwartakan, Gereja Basilea Christ Cathedral Gading Serpong terbakar sejak pukul 08.00 WIB pagi, Senin (27/4/2020). Api berkobar sangat hebat. Sehingga asap hitamnya menyelimuti langit Serpong, Tangerang, Banten.

Meski tidak ada korban jiwa, pemadam kebakaran setempat mengerahkan 2 unit Damkar. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel, Uci Sanusi menjelaskan dari Kabupaten Tangerang juga mengerahkan 3 unit mobil Damkar. Dengan begitu, total ada 5 unit.***


Source   : Bantennews.co.id & Detik  /     Editor  : Cardova

 

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait