Tim Protan PT SAI Fogging di Kawasan Pemukiman Warga Luberti

Sebagai upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Manajemen PT Sawit Asahan Indah (SAI) menerjunkan Tim Proteksi Tanaman (Protan) yang terdiri dari 5 orang melakukan Fogging di kawasan pemukiman warga Desa Lubuk Bendahara Timur (Luberti), Kecamatan Rokan IV Koto, Rabu (4/3/2020).

Rokan Koto, Oketimes.com - Sebagai upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Manajemen PT Sawit Asahan Indah (SAI) menerjunkan Tim Proteksi Tanaman (Protan) yang terdiri dari 5 orang melakukan Fogging di kawasan pemukiman warga Desa Lubuk Bendahara Timur (Luberti), Kecamatan Rokan IV Koto, Rabu (4/3/2020).

Dalam aksi sosial itu, hadir CDO PT SAI, Ilka Iskandar, Kepala Desa Fakhri Abdullah, Kepala Puskesmas I Rokan IV Koto, Hj Kholida Hosni, Asisten Protan PT SAI Gandi Muhidin.

ADM PT SAI, Sumarno melalui CDO Ilka Iskandar menyampaikan, aksi sosial fogging di Desa Luberti ini merupakan tindak lanjut dari mencegah penyebaran DBD, membantu masyarakat desa ring satu perusahaan.

CDO Ilka menambahkan, bahwa aksi fogging ini dilakukan, setelah adanya laporan dari Puskesmas Rokan I bahwa ada 5 orang warga Desa Luberti positif DBD. Menurutnya, penyakit DBD ini sangat berbahaya, sebab itu pihaknya langsung terjun melakukan fogging.

"Kami menyarankan kepada warga agar meningkatkan kebersihan lingkungan seperti, menguras bak mandi, dan menimbun kaleng dan ban bekas yang bisa menjadi wadah berkembangnya jentik nyamuk," pinta CDO Ilka Iskandar.

Dirinya menambahkan, sejauh ini pihaknya baru menerima laporan 1 desa yang warganya terkena dampak penyakit DBD.

"PT SAI tetap komit memberantas penyakit DBD, jika ada laporan dari puskesmas atau pihak desa tetangga, kami akan terjunkan tim," ujarnya.

Sementara, Kepala Puskesmas I Rokan IV Koto Hj Kholida Hosni SST membenarkan ada warga Desa Luberti yang terjangkit DBD, dan pasien sudah mendapatkan penanganan medis mulai dari cek darah dan trombosit di Laboratorium.

"Fogging ini sifatnya hanya membunuh nyamuk yang aktif. Perlu kesadaran masyarakat untuk membersihkan air tergenang, apalagi jentik nyamuk ini bukan di selokan saja, melainkan di air jernih yang tergenang," terang.

Kepala Desa Luberti, Fahri Abdullah mengucapkan terima kasih kepada pihak PT SAI dibawah komando CDO Ilka Iskandar turun langsung bersama tim melakukan fogging di sekitaran parit dekat pemukiman warga.

Dirinya menerangkan, fogging yang dilakukan tim SAI sasarannya adalah parit, dan rumah-rumah kosong yang berada di RT 01 sampai RT 04 desa setempat.

"Kami berharap setelah fogging ini dilakukan, tidak ada korban jiwa yang jatuh akibat penyakit DBD," harapnya. (sal)

 


Tags :berita
Komentar Via Facebook :