Jadikan Budaya Hidup Paham Bahaya Api ke Masyarakat, PT Rigunas Agri Utama Gelar Apel Siaga Karhutla Bersama MPA

Apresiasi : Camat Peranap Umar S.Sos mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada PT Rigunas Agri Utama yang telah menginisiasi Apel Siaga Karhutla di Kecamatan Peranap dalam sambutannya di Lapangan Upacara Kebun PT. Rigunas Agri Utama Desa Semelinang Tebing, Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu, Riau pada Senin, 18 Pebruari 2020

Peranap, Oketimes.com - Dalam rangka mengantisipasi dan mencegah kebakaran Hutan dan Lahan di Riau, Kolaborasi para pemangku kepentingan, baik itu pemerintah TNI, Polri, perusahaan dan masyarakat sangat diperlukan.

Selaras dengan itu, PT. RAU (Rigunas Agri Utama), salah satu unit bisnis Asian Agri yang berada di Kecamatan Peranap Kabupaten Indargiri Hulu, turut ambil bagian dengan melakukan Apel Siaga Karlahut dan Pembentukan Masyarakat Peduli  Api (MPA).

"Kami ketahui bahwa dampak karhutla yang terjadi selama ini sangat memprihatinkan, bahkan sudah menjadi sorotan dunia internasional," kata Manager Pabrik PT Rigunas, Ismail dalam sambutannya di Lapangan Upacara Kebun PT. Rigunas Agri Utama Desa Semelinang Tebing, Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu, Riau pada Senin, 18 Pebruari 2020.  

Lantaran itu, kata Ismail, kolaborasi para pemangku kepentingan untuk mencegah terjadinya karhutla harus terus digalakkan. Sebagai salah satu yang mendukung langkah koloborasi tersebut, pihaknya tengah melaksanakan upaya pencegahan dan mengantisipasinya.

"Inilah yang menjadi dasar kami berkumpul untuk melaksanakan Apel Siaga Karlahut dan Pembentukkan MPA. Harapan kami, apel siaga ini menunjukkan komitmen dan kesiapan kita semua, guna mencegah terjadinya karlahut di daerah kita, khususnya di Desa Semelinang Tebing Kecamatan Peranap ini," ujar Ismail dalam paparannya itu.

Menurutnya, dengan adanya kolaborasi dari berbagai lini termasuk pemerintah, TNI, Polri, perusahaan dan masyarakat dalam mencegah terjadinya Karhutla di Riau. Maka, harapan masyarakat pada tahun 2020 ini, bakal terwujud Riau Bebas Asap Karhutla nantinya.

"Mari kita deklarasikan MPA di Desa Semelinang ini, sehingga masyarakat bisa memahami bahaya karlahut dan menjadikan gaya hidup paham bahaya api membudaya di desa ini," ajak Ismail.

Manager Fire Free Village Asian Agri, Hafiz Hazalin Sinaga menyampaikan bahwa beragam program dalam rangka antisipasi terjadinya karhutla telah dilakukan perusahaan secara berkesinambungan.  Diantaranya bergabung dengan Fire-Free Alliance, pembentukan DBA (Desa Bebas Api) dan MPA (Masyarakat Peduli Api).

"Pada apel siaga ini kita juga mendeklarasikan pembentukkan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Semelinang yang ditandai dengan penyerahan seragam Karhutla kepada unsur inti MPA desa," Hafiz Sinaga.

Hafiz juga menyebutkan sebagaimana diketahui bahwa Desa Semilinang pada tahun 2019 juga mengalami kebakaran, karena itu pihaknya berinisiatif menumbuhkan awareness atau kesadaran akan bahaya karlahut kepada masyarakat.

"Sehingga harapan kami dengan adanya MPA ini, kedepan akan tumbuh budaya masyarakat yang  peduli dan aktif mencegah terjadinya karlahut di desa ini," harap Hafiz.

Dia juga menambahkan bahwa sejak 2016 Asian Agri sudah membina 17 MPA yang tersebar di unit-unit bisnis yang ada di provinsi Riau dan Jambi.

Sementara itu, Camat Peranap Umar S.Sos, berterima kasih kepada PT Rigunas Agri Utama yang telah menginisiasi Apel Siaga Karhutla di Kecamata Peranap.

"Terima kasih atas inisiatif PT Rigunas yang telah mengumpulkan kita semua disini dalam rangka Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan. Ini menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan di desa kita ini," kata Umar dalam sambutannya.  

Menurut Umar, kepudulian pihak perusahaan dalam mencegah Karhutla merupakan yang patut diapreasiasi, apalagi tim pemadamnya memiliki perlengkapan pemadaman dan regu pemadam yang terlatih.

"Kita saat ini sedang mengajukan mesin dan peralatan, serta pelatihan untuk 4 orang perdesa," ujar Umar.
 
Hal senada Kepala Desa Semelinang, Rismalinda juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas adanya kegiatan pembentukan MPA (Masyarakat Peduli Api) di desanya.

"Kami berterima kasih kepada PT Rigunas, karena telah memilih Desa Semilinang untuk terbentuknya MPA di desa ini. Harapan kami  masyarakat lebih paham bahaya kebakaran dan mau peduli untuk melakukan upaya pencegahan terjadinya kebakaran dan lahan," pintanya.
 
Pantauan, kegiatan Apel Siaga Karhutala juga dihadiri aparat Pemerintah setempat, tampak persnel TNI, POLRI, Masyarakat dan Jajaran Manajemen PT Rigunas Agri Utama turut antusias dalam apel tersebut.***


Reporter   : Richarde
Editor        : Cardova   


Tags :berita
Komentar Via Facebook :