Disela-sela Kunker Panglima TNI dan Kapolri ke Riau

Rombongan Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Posko Relawan Karhutla di Pekanbaru

Foto inset; Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis bersama rombongan saat mengunjungi Posko Relawan Karhutla Provinsi Riau dan kesediaan stake holder dalam berperan mencegah Karhutla di Komplek Purna MTQ Pekanbaru, Rabu (12/02/2020) sore.

Pekanbaru, Oketimes.com - Guna mewujudkan partisipasi aktif stakeholder, dalam mendukung pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau, Asian Agri Group salah satu perusahaan industri yang bergerak dibidang perkebunan di riau, ikut ambil bagian dalam arahan pemerintah.

Sebagai bukti, dalam serangkaian kegiatan kunjungan kerja Kapolri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis ke Pekanbaru, Provinsi Riau, untuk melakukan pengecekan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), rombongan Panglima TNI dan Kapolri sempat mengunjungi Posko Relawan Karhutla Provinsi Riau di Purna MTQ Pekanbaru, Rabu (12/02/2020) sore.

Dalam Relawan Karhutla itu, terdapat beberapa unsur seperti Tagana, SAR, ormas-ormas, para Asosiasi Pengusaha Perkebunan Kelapa Sawit dan Hutan Tanaman Industri (HTI), seperti Team Fire Free Village Asian Agri, Tim Reaksi Cepat (TRC) Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT Arara Abadi - APP Sinar Mas, Musim Mas dan lainnya.

"Tinjauan kami terkait kesiapan untuk menghadapi musim kemarau, yang informasinya akan terjadi pada akhir Februari ataupun awal Maret nanti cukup panjang hingga bulan Oktober," kata Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di sela-sela kunjungannya di Posko Relawan Karhutla Riau, Rabu sore.

"Kuncinya, adalah sinergi, kita bahu-membahu untuk selamatkan hutan demi anak cucu kita," imbuh Panglima TNI.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Idham Azis, menambahkan disamping melakukan upaya pencegahan kebakaran, jajarannya juga telah membuat Satuan Tugas (Satgas) penegakan hukum Karhutla.

"Ini berjalan selaras dengan penanganan Karhutla, Provinsi Riau sudah bagus, dan beberapa Polda harus mencontoh," tegas Kapolri.

Menanggapi hal itu, Hafiz Hazalin Sinaga, Manager Fire Free Village Asian Agri mengatakan, keikutsertaan Asian Agri merupakan bentuk kesiapan perusahaan dalam ikut serta mencegah terjadinya Karhutla.

Hafiz mengatakan sebagai salah satu perusahaan perkebunan yang mendukung industri kelapa sawit berkelanjutan, perusahaan sudah menerapkan 'zero burning'.

Apalagi lanjut Hafiz, Asian Agri dalam menjalankan operasionalnya, senantiasa mendukung industri kelapa sawit lestari dengan menerapkan kebijakan 'tanpa bakar' sejak tahun 1994 silam.

Selain itu, tahun 2016, Asian Agri juga sudah bergabung dengan Fire-Free Alliance, untuk bekerja sama dengan para mitra, untuk bersama-sama menanggulangi permasalahan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

"Sebagai anggota dari FFA, Asian Agri secara aktif melaksanakan program Desa Bebas Api, yang bertujuan untuk memberdayakan dan mendorong desa, menerapkan kebijakan tanpa bakar dalam mengelola lahan serta menjaga desa terbebas dari api," pungkas Hafiz.***

 

Tags :berita
Komentar Via Facebook :