Home / Politik / Ricuh, Rakernas PAN 2020 Belum Tentukan Lokasi Kongres V

Ricuh, Rakernas PAN 2020 Belum Tentukan Lokasi Kongres V

Ricuh, Rakernas PAN 2020 Belum Tentukan Lokasi Kongres V
(Detik.com)
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN Tahun 2019 ricuh dan harus ditutup lebih awal, hingga kini pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) belum menentukan lokasi Kongres V Tahun 2020.

Jakarta, Oketimes.com - Pasca Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN Tahun 2019 ricuh dan harus ditutup lebih awal, hingga kini pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) belum menentukan lokasi Kongres V Tahun 2020.

Terkait itu, Ketua Steering Committee Rakernas PAN Tahun 2019 Saleh Partaonan Daulay, mengatakan pihaknya hanya bisa menetapkan sembilan calon tuan rumah kongres dan batas akhir pelaksanaan kongres. Nantinya DPP PAN yang akan memutuskan.

"Kami sudah menetapkan sembilan calon tuan rumah. Dari Sumatera ada di Sumatera Utara, Sumatera Barat, kemudian Lampung, ada DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, ada Sulawesi Tenggara, ada Sulawesi Selatan, juga ada Kalimantan Selatan, dan ada juga Papua," kata Saleh kepada awak media pada Sabtu 7 Desember 2019 di Hotel Millenium, Jakarta.

Sementara untuk waktu pelaksanaan lanjut Saleh, Rakernas memberi batas waktu sampai 31 Maret 2020 dan tanggal pasti penyelenggaraan kongres akan ditentukan lewat rapat di DPP PAN.

Sementara Ketua DPP PAN Yandri Susanto, menyebutkan berkemungkinan besar kongres akan digelar di Sulawesi Tenggara. Karena saat Pemilu 2019, PAN berhasil menang di Sultra dan mengamankan kursi Ketua DPRD.

Dia menuturkan, pihaknya akan segera mengadakan rapat khusus untuk merespons hasil rakernas dan menyebut detail penyelenggaraan Kongres akan diumumkan sebelum pergantian tahun.

"Kami menargetkan paling lambat pertengahan atau bisa jadi minggu ketiga bulan Desember. Kenapa begitu? Supaya memastikan di mana letak kongres dan akan membentuk panitia pusat dan panitia daerah, kemudian kami akan running untuk melihat kesiapan teknisnya," ujar Yandri.

Seperti diberitakan, PAN menggelar Rakernas Tahun 2019 guna menentukan lokasi dan tanggal Kongres V PAN Tahun 2020. Namun dalam proses rakernas, kericuhan sempat terjadi karena perbedaan pendapat.

Para kader PAN berebut mengajukan diri sebagai tuan rumah kongres. Perdebatan diperparah dengan aksi sejumlah kader yang beradu mulut dan saling merebut mikrofon.

Kericuhan sempat terjadi selama sekitar 15 menit sebelum Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais datang dan menenangkan suasana rakernas. "Ayo semua istigfar. Astaghtirullahaladzim," ucap Amien diikuti semua peserta rakernas.

Setelah agak mereda, kemudian Amien mengajak semua peserta untuk duduk tenang sembari menyebukan, "Ayo kita mulai sidang lagi sejernih mungkin. Duduk, duduk," imbuh Amien menenangkan.***


Source   : Detik.com
Editor     : Van Hallen 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.