Home / Advertorial / DPRD Bengkalis Gelar Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Bengkalis Ke-507

Dihadiri Gubernur Riau dan Bupati/Walikota

DPRD Bengkalis Gelar Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Bengkalis Ke-507

DPRD Bengkalis Gelar Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Bengkalis Ke-507
Istimewa
Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Abdul Kadir (tengah), berikut Wakil Ketua I, Wakil Ketua II yang dihadiri Gubernur Riau Drs H Syamsuar dan Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengikuti Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-507 Bengkalis tahun 2019, yang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis di Gedung DPRD Jalan Antara Bengkalis, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Selasa, (30/07/19).

BENGKALIS, OKETIMES. COM - Sempena Hari Jadi ke-507 Bengkalis tahun 2019, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis, menggelar rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Jalan Antara Bengkalis, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Selasa, (30/07/19).

Sidang tersebut, digelar sebagai mengenang dan apresiasi terhadap sejarah perjuangan daerah Bengkalis, yang dilaksanakan setiap tanggal 30 juli sejak disahkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bengkalis Nomor 20 tahun 2004 tentang penetapan Hari Jadi Bengkalis.

Rapat paripurna istimewa itu, dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Abdul Kadir disaksi Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, Wakil Ketua III dan disaksikan 39 orang anggota DPRD Bengkalis.

Turut hadair pada rapat istimewa itu, Gubernur Provinsi Riau H Syamsuar, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, serta sejumlah mantan Bupati Bengkalis dan sejumlah perwakilan dari Bupati/Wali Kota se- Provinsi Riau.

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Abdul Kadir menyampaikan, rapat paripurna istimewa ini digelar sebagai bukti menghargai, keseriusan serta mengenang jasa para pejuang terdahulu demi menjaga Bengkalis.

"Kita sangat menghargai para pejuang kita yang sudah bersusah payah mempertahankan Bengkalis ini, untuk itu pada momentum ini sebagai intropeksi diri kita bagaimana supaya kita mampu menjaga Bengkalis serta membawa Kabupaten Bengkalis lebih cemerlang, gemilang dan terbilang.

Ketua DPRD juga membaca sejarah singkat tentang perjuangan masyarakat dan pemuda Bengkalis, dari serangan Portugis semasa itu.

Selanjutnya, Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengungkapkan, hari istimewa tersebut, merupakan sidang paripurna istimewa yang ke-14 kalinya sejak awal dilaksanakan tahun 2005 silam.

"Momentum peringatan hari jadi ini, selayaknya kita gunakan untuk melihat kebelakang, bahwa lebih dari sekedar saksi sejarah, Kota Bengkalis merupakan bagian integral perjuangan putra putri terbaik di tanah terubuk ini, berjuang bersabung nyawa melawan keangkuhan Portugis tahun 1512 atau ±507 tahun silam", kata Bupati.

Untuk mengenang jasa dan semangat para pahlawan dan pendiri Kota Bengkalis. Apa yang telah kita lakukan hari ini, setiap derap langkah kita membangun Kota Bengkalis sebagai ibukota Kabupaten Bengkalis, senantiasa dijiwai semangat patriotisme untuk menciptakan kehidupan yang aman, tenteram, adil, makmur dan sejahtera, sebagaimana diwariskan para pejuang kita terdahulu.

"Untuk itu pada peringatan hari jadi ini, mari kita jadikan sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, dan harapan akan masa depan  yang lebih cemerlang, gemilang dan terbilang", harap Amril.

Sementara itu, Gubernur Riau H. Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Riau, telah mengusulkan ruas Jalan Siak menuju Sungai Pakning - Bukit Batu dan Dumai menjadi jalan nasional.

Usulan tersebut menurutnya, telah disetujui Menteri PU melalui Balai PU beberapa waktu lalu. Tentunya hal ini sangat membantu dan meringankan beban Pemerintah Provinsi Riau maupun Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Untuk itu, kami berharap kepada Bupati Bengkalis agar dapat mendukung pembangunan infrastruktur jalan tersebut dengan menghibahkan lokasi yang menjadi jalur jalan lingkar, sehingga jalan yang ada di tengah kota Sungai Pakning tidak rusak. Kemudian jalan Hang Tuah di Duri juga telah kami usulkan masuk menjadi jalan nasional," papar Gubri.

Lanjut Syamsuar, pembangunan di daerah sangat membutuhkan dukungan dari banyak pihak, baik dari masyarakat maupun swasta, tentunya Pemerintah Provinsi akan terus memberi dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, salah satunya terkait rencana merangkai Pulau Bengkalis Dan Kepulauan Meranti sesuai dengan program kerja pemprov riau.

"Terkait Pulau Rupat, kami telah mengusulkan agar menjadi Pusat Khusus Ekonomi Pariwisata, dan hal tersebut telah kami sampaikan kepada Bapak Moeldoko dan Menteri Pariwisata berkenan untuk mengunjungi pulau ini. Semoga Pulau Rupat kedepannya akan menjadi pulau wisata yang akan didatangi para turis mancanegara," kata Gubenur Riau.

Pemkab Gelar Serangkaian Hari Jadi Bengkalis ke-507 Tahun

Memasuki usia ke-507 Tahun, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melaksanakan berbagai macam rangkaian kegiatan merayakan hari istimewa itu. HUT Bengkalis ke-507 pada tahun 2019 itu, mengambil tema "Dengan Semangat Hari Jadi ke-507 Bengkalis Kita Tingkatkan Semangat Kerja Bersama Menuju Bengkalis Maju dan Makmur".

Puncak berbagai rangkaian yang telah disusun, yaitu Sidang Paripurna Istimewa yang diadakan di ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis, pada Selasa (30/07/2019).

Memulai rangkaian acara, iring-iringan Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Gubernur Riau H. Syamsuar, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Sunaryo, Ketua DPRD H. Abdul Kadir, Forkopimda dan rombongan dari Wisma Sri Mahkota menuju gedung DPRD Bengkalis disambut dengan pencak silat dan tari persembahan.

Rapat Paripurna Istimewa itu, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H. Abdul Kadir didampingi oleh Gubernur Riau H. Syamsuar, Bupati Amril Mukminin, serta Wakil Ketua I H. Indra Gunawan Eet, Wakil Ketua II Zulhelmi, dan Wakil Ketua III Kaderismanto dibuka dengan pembacaan doa dan lantunan ayat suci Al-Quran.

Abdul Kadir dalam sambutannya mengatakan bahwa disamping untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-507 Bengkalis Tahun 2019, acara ini juga merupakan salah satu wujud kebersamaan, persaudaraan, serta silaturahim diantara sesama.

Prosesi peringatan hari jadi, yang dilaksanakan pada hari tersebut, merupakan sebuah ikhtiar untuk menyatakan bahwa Bengkalis bukan sebuah generasi yang durhaka kepada sejarah.

"Melalui peringatan ini ingin mengatakan, bahwa kita semua memuliakan perjuangan mereka dan menghormatinya dengan ketakziman penuh," ujar Abdul Kadir mengingat kembali peristiwa sejarah masa lampau.

Sementara itu, Bupati Bengkalis dalam pidato tertulisnya mengatakan guna memperingati hari jadi kota Bengkalis harus dijadikan motivasi dan inspirasi untuk membuat karya dan prestasi dengan harapan akan masa depan yang lebih cemerlang, gemilang dan terbilang, harap Amril.

Sedangka Gubri Syamsuar yang berkesempatan hadir pada saat itu, mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan semangat kerjasama demi terwujudnya Bengkalis yang maju dan makmur.

Ia juga mengharapkan kemajuan pertumbuhan pembangunan daerah hendaknya diiringi pula dengan meningkatnya sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi masyarakatnya, serta menjaga stabilitas keamanan daerah.

"Mari kita jaga stabilitas keamanan untuk meningkatkan pembangunan dan penghasilan pembangunan daerah di Kab. Bengkalis, guna mensejahterakan masyarakat Bengkalis adil dan makmur kedepannya," ujarnya.

Ketua DPRD memberikan apresiasi dan terima kasih kepada sekretaris DPRD H. Radius Akima dan jajarannya, karena telah bekerja keras beberapa hari ini untuk memfasilitasi kegiatan Paripurna hingga Paripurna Istimewa berjalan dengan lancar dan aman.

Setelah menyanyikan lagu Bagimu Negeri, acara Paripurna Istimewa sempena Hari Jadi Bengkalis ke-507 berakhir dan dilanjutkan dengan foto bersama, salam-salaman serta jamu selera bagi para tamu undangan yang hadir.

Hadir dalam acara mantan Bupati Bengkalis Syamsurizal, H. Azaly Johan, H. Fadhlah Sulaiman, Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Hermianto, Pelaksana Lanal Dumai Letkol. KH. Farhan, Ketua LAMR Prov. Riau, Ketua Umum MKA LAMR Kabupaten Bengkalis, Bupati dan Walikota Se-Provinsi Riau.

Hadir juga Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Khoriyah Roihan, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis Heru Winoto, Kepala SKPD se-Kabupaten Bengkalis, serta undangan lainnya.***


Assorted   : Advertorial DPRD Bengkalis
Reporter  : Putra Tanjung
Editorial    : Cardova

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.