Home / Ekbis / Patut Ditiru, Dua Perusahaan Rawat Jalan Lintas Selatan

Patut Ditiru, Dua Perusahaan Rawat Jalan Lintas Selatan

Patut Ditiru, Dua Perusahaan Rawat Jalan Lintas Selatan
Yudi
Kondisi perbaikan Jalan Lintas Selatan yang dilakukan PT Tasma Puja dan PT KAS di Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Inhu, Riau.

Rengat, oketimes.com - Kondisi jalan Lintas Selatan di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau memprihatinkan. Sudah beberapa tahun proyek pembangunan jalan yang menghubungkan antara provinsi riau dan Jambi, itu belum juga dilanjutkan.

Pembangunan Jalan Lintas Selatan pada ruas jalan Pangkalan Kasai - Lubuk Kandis, masih belum seluruhnya dibangun. Ada sekitar 3 titik sepanjang 11 KM yang masih dalam kondisi jalan tanah. Inilah yang mengakibatkan terjadi kerusakan, sehingga badan jalan tersebut sulit dilalui kendaraan terlebih lagi jika musim penghujan.

Kondisi jalan ini juga menyulitkan petani yang hendak mengeluarkan hasil produksi pertaniannya. Namun, petani terbantu karena adanya dua Perusahaan industri sawit seperti PT Tasma Puja dan PT Karisma Agro Sejahtera (KAS) yang rutin melakukan perawatan jalan.

Humas PT Tasma Puja Wawan Kuswanda saat dikonfirmasi, Jumat (19/7/19) mengatakan, pihaknya bersama manajemen PT KAS bersepakat merawat jalan Lintas Selatan sepanjang 10 KM di Kecamatan Batang Cenaku. Perawatan jalan itu, mulai dari Desa Aur Cina hingga Kampung Baru Desa Cenaku Kecil.

"Perawatan jalan kami lakukan tiga kali dalam satu tahun menggunakan dana CSR PT Tasma Puja. Begitu juga dengan PT KAS. Ini dilakukan untuk memperbaiki jalan yang rusak agar bisa dilalui masyarakat dan operasional perusahaan," sebutnya.

Pemerintah Provinsi Riau belum melanjutkan pembangunan Jalan Lintas Selatan, karena kondisi keuangan daerah yang belum memadai. Tahun ini Dinas PUPR Riau, hanya mampu membangun jembatan di ujung ruas jalan Pangkalan Kasai - Lubuk Kandis, persis di Desa Talang Mulya Kecamatan Batang Cenaku

Kasi Perencanaan Dinas PUPR Provinsi Riau, Teza Darsa beberapa waktu lalu mengungkapkan, pembangunan Jalan Lintas Selatan tetap dilanjutkan dan akan mengusulkan anggarannya pada tahun ini dengan harapan pada 2020 pembangunan jalan tersebut dilanjutkan.

"Tahun ini anggaran masih minim sehingga hanya bisa membangun jembatan di Jalan Lintas Selatan. Tahun 2020 kemungkinan akan dilanjutkan karena kita sudah mengusulkan anggarannya," jelas Teza.***


Penulis  : Yudi S

Editor   : Cardova 

 

 

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.