Home / Hukrim / Kabur Usai Bunuh Istri, Kaki Ape Diterjang Timah Panas

Kabur Usai Bunuh Istri, Kaki Ape Diterjang Timah Panas

Kabur Usai Bunuh Istri, Kaki Ape Diterjang Timah Panas
Humas Polresta Pekanbaru For Oketimes.com
Foto Inset : Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru AKP Awaluddin SIK didampingi Wakasat Reskrim AKP Noah Aritonang SIK, Kapolsek Rumbai Iptu Viola SIK dan Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Budhia Dianda serta pelaku ARH (30) saat digiring petugas mengikuti konferensi Pers dengan awak media di Loby Mapolresta, Selasa 2 Juli 2019.

Pekanbaru, Oketimes.com - Sukses memburu pelaku pembunuhan sang istri saat hendak kabur dari kejaran polisi, Satreskrim Polresta Pekanbaru, menggelar Konferensi Pers dengan awak media di Loby Mapolresta, Selasa 02 Juli 2019.

Konferensi Pers dipimpin Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH, diwakili Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru AKP Awaluddin SIK didampingi Wakasat Reskrim AKP Noah Aritonang SIK, Kapolsek Rumbai Iptu Viola SIK dan Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Budhia Dianda.

Di kesempatan itu, Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru AKP Awaluddin SIK, mengatakan penangkapan pelaku pembunuhan berhasil dilakukan team Sat Reskrim Polresta setelah kurang dari enam jam usai membunuh istrinya.

"Pelaku diketahui berinisial ARH alias Ape (30) yang tidak lain suami korban Hernita Krisdayanti Br Hutagaol (21) berdomisili di Jalan Toman RT 03/06, Kel Muara Fajar Barat Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru pada Minggu 30 Juni 2019 dini hari sekira pukul 02.00 Wib," kata Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru.

AKP Awaluddin juga memaparkan, usai pelaku membunuh istrinya, pelaku Ape mendatangi rumah orang tuanya berinsial SG alias Gule yang tinggal tidak jauh dari lokasi rumah korban, untuk memaksa orang tuanya memberikan uang kepada pelaku dengan mengatakan uang tersebut akan dipergunakan untuk kabur, namun orang tua pelaku tidak mau memberikan uang permintaan Ape tersebut.

Tak lama kemudian lanjut Awaluddin, pelaku kembali lagi kerumahnya dan langsung mengambil sepeda motor beat miliknya dan langsung kabur meninggalkan rumah bercampur ketakutan.

"Selanjutnya orang tua pelaku SG alias Gule segera mendatangi rumah anaknya dan setibanya di TKP, Gule melihat istri Ape (Herlina Krisdayanti Boru Hutagaol-red) telah dalam keadaan terlentang dan saat diperiksa, korban sudah meninggal dunia," terang mantan Kasat Reskrim Dumai itu.

Melihat kejadian tersebut lanjut Kasat Reskrim Polresta, orang tua Ape dan keluarga segera melaporkan ke Polsek Rumbai atas kejadian itu. Usai mendapat laporan, Kapolsek Rumbai Iptu Viola SIK bersama Kanit Reskrim dan Anggota segera mendatangi TKP, guna melakukan olah TKP bersama dengan unit identifikasi dan selanjutnya berkordinasi dengan Satreskrim Polresta Pekanbaru guna pengusutan lebih lanjut.

Tak sampai disitu, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH juga mendapatkan laporan sama dan segera memerintahkan Kasat Reskrim AKP Awaluddin SIK untuk membantu Polsek Rumbai mengejar pelaku yang diduga adalah ARH alia Ape suami korban sendiri.

"Informasi yang kita dapat pelaku melarikan diri ke arah utara melalui jalan darat dengan mengendarai motor Honda Beat milik pelaku. Atas informasi itu, team langsung memburu pelaku ke arah simpang gelombang Kandis. Dari simpang Gelombang, pelaku berbelok kearah Petapahan, namun karena jalanan sepi pelaku memutar balik menuju arah kota Duri," terang Awaluddin.

Lantas sambung Awaluddin, team tidak kehilangan akal dan berupaya mengejar pelaku hingga kearah Duri di jalan pintu masuk Kota Duri.

Tepat sekira pukul 06.30 pagi, pelaku hendak melewati team yang sudah stand by sedari tadi dan saat itu juga pelaku dicegat oleh team Buser Resta Pekanbaru untuk menangkap pelaku.

Meski team sudah menghadang pelaku lanjut Awaluddin, Ape berusaha mencoba melarikan diri. Atas kesigapan anggota di lapangan, pelaku pun berhasil dilumpuhkan dengan timah panas dan langsung diamankan serta dibawa ke Mapolresta Pekanbaru, untuk mempertanggung jawabkan Tindak Pidana Penganiayaan hingga mengakibatkan istrinya meninggal dunia.

"Adapun barang bukti yang diamankan petugas berhasil menyita sebuah bantal dan sehelai kain sarung yang digunakan pelaku saat menghabisi nyawa istrinya," paparnya.

Terpisah, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH membenarkan penangkapan pelaku Tindak Pidana Pembunuhan yang dilakukan seseorang terhadap istrinya sendiri di wilayah Kecamatan Rumbai Pekanbaru.

Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan kerja keras Kasat Reskrim AKP Awaluddin SIK dan Kapolsek Rumbai Viola SIK beserta team yang mengejar pelaku dan berhasil mengamankan pelaku kurang dari enam jam.

"Ini suatu keberhasilan yang cukup cepat dan tepat terhadap kinerja anggota di lapangan yang patut diberikan apresiasi," pungkas Kapolresta.***


Penulis  : Ndanres Area
Editor   : Richarde 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.