Home / Kesehatan / RSUD Petala Bumi Gelar Simulasi Bencana

RSUD Petala Bumi Gelar Simulasi Bencana

RSUD Petala Bumi Gelar Simulasi Bencana
Humas Pemprov Riau For Oketimes.com
Staf dan Pegawai RSUD Petala Bumi, Damkar, dan BPBD Provinsi Riau saat melakukan simulasi di belakang RSUD Petala Bumi, Jalan Soetomo, Pekanbaru, Jumat 26 April 2019.

Pekanbaru, Oketimes.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru, menggelar simulasi evakuasi bencana dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, di belakang gedung RSUD Petala Bumi, Jalan Soetomo Pekanbaru, Jumat 26 April 2019 kemarin.

Plt Direktur RSUD Petala Bumi, Eka Yuliarti Ningsih, menjelaskan simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan melatih para pegawai yang ada di RSUD untuk selalu siap tanggap dalam menghadapi situasi terburuk yang terjadi di rumah sakit.

Eka Yuliarti Ningsih berharap, melalui kegiatan simulasi dapat memberikan gambaran kepada para pegawai dan seluruh staf yang ada di RSUD Petala Bumi melakukan tindakan apa dan tidak panik jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Kegiatan ini sebagai gambaran, kita harus selalu berhati-hati. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, melalui simulasi ini bisa menjadi pembelajaran apa yang harus dilakukan dan yang terpenting tidak panik," katanya.

Selanjutnya, Kepala Pelaksana BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan bahwa kegiatan simulasi ini berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Ia menuturkan bahwa seluruh staf yang terlibat di RSUD Petala Bumi mengikutinya dengan baik.

Edwar Sanger menambahkan, sebelum simulasi ini diadakan, telah diberikan pelatihan terlebih dahulu kepada pegawai, staf yang ada, serta anggota BPBD dan Damkar terkait apa yang akan terjadi dan apa tindakan yang dilakukan. "Sebelum simulasi, kita latihan 2 hari. semua berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya.***

 

Sumber  : Mcr  / Editor  : Cardoffa

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.