Home / Lingkungan / BMKG Deteksi 156 Hotspot di Riau, Bengkalis dan Meranti Paling Dominan

BMKG Deteksi 156 Hotspot di Riau, Bengkalis dan Meranti Paling Dominan

BMKG Deteksi 156 Hotspot di Riau, Bengkalis dan Meranti Paling Dominan
Ist
Tim Satgas Karlahut Riau bersama Kepala BPBD Riau saat melakukan Patroli rutin Karlahut di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (inhu) Riau, Kamis (21/3/2019).

Pekanbaru, Oketimes.com - Kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di sejumlah wilayah kabupaten kota di Riau. Sebagai bukti sejak Rabu (20/3/19) sore kemarin, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, mencatat masih terdapat 156 titik panas atau hotspot di Riau.

Seperti di kabupaten Rokan Hilir BMKG mencatat adan 17 titik hotspot, Rohul 2, Dumai 16, Bengkalis 38, Meranti 29, Siak 7, Pekanbaru 1, Kampar 2, Pelalawan 37, Inhu 4 dan Inhil 3.

Sementara untuk Level Confidence Riau memiliki 70 persen Confidence ada 99 titik, seperti di Rohil 11, Rohul 2, Dumai 13, Bengkalis 26, Meranti 19, Siak 3, Pekanbaru 1, Pelalawan 19, Inhu 3 dan Inhil 2. Pantauan itu, terdeteksi oleh Satelit Terra Aqua (BMKG) yang di Update sekira pukul 16.00 WIB pada Rabu (20/3/19) sore. Dari 156 hotspot yang terdeteksi itu, 50 diantaranya memiliki level confidence diatas 70 persen atau diyakini sebagai titik akibat kebakaran lahan dan hutan.

Kepala BMKG Pekanbaru, Sukisno mengatakan, jumlah hotspot pada hari ini memang mengalami penurunan cukup signifikan jika dibandingkan kemarin yang mencapai 156 titik. "Secara keseluruhan di Sumatera ada 103 hotpsot, diantaranya ada di Riau. Ini terjadi penurunan dari hari kemarin," ungkapnya, Kamis (21/3/2019).

Dijelaskannya, 79 hotspot ini tersebar di 9 Kabupaten dan Kota di Riau, dimana Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi penyumbang terbanyak dengan 20 titik.

Untuk Kabupaten Pelalawan ada 19 titik, Kabupaten Siak 14 titik, Bengkalis 9 titik, Kota Dumai 6 titik, Kabupaten Inhu 5 titik, Kabupaten Rohil 4 titik, Kabupaten Kuansing dan Inhil masing-masing 1 titik.

"Untuk level confidence diatas 70 persen itu Meranti memiliki jumlah titik terbanyak yakni 16 diikuti Pelalawan dan Dumai," jelasnya.

Disisi lain, BMKG memprediksi cuaca di sejumlah wilayah di Riau akan Berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Kota Dumai, Meranti, Indragiri Hilir Indragiri Hulu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger SH juga membenarkan adanya 156 titik api yang terdeteksi di Riau yang dipantau dari Satelit Terra Aqua (BMKG) yang di update sekira pukul 16.00 WIB pada Rabu (20/3/19) sore.

"Ya benar demikian, kita saat ini sedang fokus untuk memadamkan api di wilayah Riau saat ini, terutama di wilayah Meranti dan Bengkalis," kata Edwar Sanger pada oketimes.com Kamis siang.

Edwar juga mengatakan bahwa saat ini Tim Satgas Karlahut Riau sedang melakukan pemantauan pemadaman api di Riau, yang saat ini posisinya berada di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, untuk melakukan patroli rutin.***

 

Penulis  : Ndanres /     Editor  : Cardoffa    

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.