Home / Sosial / Sambut Natal dan Tahun Baru, Kodim Mimika Sumbang 6 Ekor Ternak Bagi Warga Arwanop

Sambut Natal dan Tahun Baru, Kodim Mimika Sumbang 6 Ekor Ternak Bagi Warga Arwanop

Sambut Natal dan Tahun Baru, Kodim Mimika Sumbang 6 Ekor Ternak Bagi Warga Arwanop
Kapendam XVII/Cen Kolonel Inf Muhammad Aidi.
Masyarakat 6 (enam) kampung di wilayah Arwanop (Kp. Ombani-1, Kp. Ombani-2, Kp. Aggogoin, Kp. Anggigi-1, Kp. Anggigi-2, Kp. Kepala Air) dan 3 Gereja (Kp. Omponi, Kp. Jagamin dan Kp. Baluni) melaksanakan upacara Bakar Batu di Kp. Omponi Arwanop Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Jumat (4/1/2019).

Mimika, Oketimes.com - Masyarakat 6 (enam) kampung di wilayah Arwanop (Kp. Ombani-1, Kp. Ombani-2, Kp. Aggogoin, Kp. Anggigi-1, Kp. Anggigi-2, Kp. Kepala Air) dan 3 Gereja (Kp. Omponi, Kp. Jagamin dan Kp. Baluni) melaksanakan upacara Bakar Batu di Kp. Omponi Arwanop Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Jumat (4/1/2019).

Upacara Bakar Batu dalam rangka merayakan Natal dan tahun baru 2019, bersama Kodim 1710/Mimika dan Satgas Teritorial TNI Nemangkawi kali ini diawali dengan acara pengobatan massal gratis yang dilaksanakan satu hari sebelumnya serta pembagian paket sembako (bahan makanan) kepada masyarakat di 6 kampung wilayah Desa Arwanop.

Tradisi bakar batu merupakan salah satu tradisi penting di Papua berupa ritual memasak bersama-sama warga satu kampung yang bertujuan untuk bersyukur, bersilaturahim mengumpulkan sanak saudara dan kerabat, menyambut kebahagiaan bersama sama.

Ratusan masyarakat dari berbagai usia datang bergotong royong bersama anggota TNI melaksanakan upacara bakar batu yang mendapat bantuan 6 ekor hewan ternak babi dari Kodim 1710/Mimika.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Pio L. Nainggolan menyampaikan, sesuai ajaran Tuhan, manusia semua harus bisa berbagi kasih kepada sesama dan pada kesempatan ini TNI-Polri ingin berbagi sembako dan hewan ternak babi beserta logistik lainnya untuk masyarakat.

Letkol Inf Pio L. Nainggolan menambahkan kehadiran TNI-Polri di Arwanop ingin berbagi bersama masyarakat sehingga terjalin hubungan tali kasih yang membuat TNI-Polri semakin dekat dengan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Kepala Operasional Nemangkawi TNI Kolonel Inf Ahmad Fikri Musmar menyampaikan, Prajurit TNI-Polri mengajak seluruh masyarakat membangun Arwanop agar semakin maju kedepannya, serta semakin dekat tanpa adanya jarak antara TNI-Polri dan masyarakat.

"Diharapkan kepada masyarakat jika ada permasalahan atau aspirasi silahkan disampaikan kepada TNI-Polri, Wakaops Nemangkawi juga mengajak masyarakat untuk bersama sama untuk ikut menjaga keamanan di Arwanop," tegas Ahmad Fikri Musmar.

Selain membagikan 450 paket sembako (bahan makanan) kepada masyarakat, juga dilaksanakan pengobatan massal dengan di dukung oleh tim dokter Satgas Teritorial Nanggala Nemangkawi, tim Dokter Rumah Sakit Bantuan TNI AD Timika dan Tim Kesehatan Pos Pamrahwan Yonif 754/ENK Kostrad di Arwanop

Ucapan terimakasih disampaikan  oleh  Kepala Suku kepala Air bapak Barman Jananta kepada Bapak TNI  yang sudah mau berkunjung, memberikan bantuan Bama, memberikan hewan ternak babi serta pengobatan massal gratis kepada masyarakat.

Hingga saat ini satu-satunya transportasi untuk menuju kampung Arwanop hanya  via udara dengan menggunakan Helikopter yang ditempuh dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dari Timika atau berjalan kaki selama kurang lebih 6 jam dari Tembagapura dengan melewati medan pegunungan terjal dan hutan.

Kodim 1710/Mimika bersama Satgas Teritorial TNI Nemangkawi menuju Arwanop menggunakan Helikopter Bell-412P yang diawaki oleh Pilot Kapten Cpn Lutfi dan Co. Pilot Lettu CPN Didit dari Pusat Penerbang  Angkatan Darat.

Hadir pada acara Wakil Kepala Operasional Nemangkawi TNI, Danbrigif-20/Kostrad, Kapolres Mimika, Danyon 754/ENK aparat kewilayahan TNI/Polri, perwakilan PT Freeport Indonesia, serta, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah Desa Arwanop.***

Autentikasi : Kapendam XVII/Cen Kolonel Inf Muhammad Aidi.

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.