10 Balapan 10 Kemenangan untuk Marquez

OKETIMES.COM- Sampai seri kesepuluh musim ini di Indianapolis, belum ada yang bisa mengalahkan juara dunia Marc Marquez yang kini mengoleksi nilai sempurna 250.

Di awal lomba meskipun memulai dari pole position, pembalap Repsol Honda itu sempat tercecer dan baru pada putaran ke 12 dia mampu memimpin lomba menaklukkan dua pembalap senior Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Pada momen itu, sebetulnya dia tengah membuntuti Rossi di posisi dua, ketika Lorenzo yang berada di posisi tiga menyodok di tikungan. Setelah sukses melewati Marquez, Lorenzo dan Rossi terjebak pada posisi saling terjepit dan tak mampu berakselerasi karena bisa bertabrakan.

Ketika dua motor Yamaha seperti saling menempel itulah, Marquez mencuri kesempatan dan melibas dari sisi dalam untuk melewati dua pembalap Yamaha sekaligus. Setelah menjadi yang terdepan, dia seperti biasa tak mengalami kesulitan untuk menjauh.

Marquez akhirnya menjadi pembalap pertama yang memenangi 10 seri berturut-turut sejak Mick Doohan melakukannya pada 1997. Yang luar biasa adalah pembalap Spanyol itu melakukannya hanya di tahun kedua dia masuk kelas MotoGP dan pada usia baru 21 tahun.

Lorenzo dan Rossi berurutan mengisi podium kedua dan ketiga, sementara pembalap Repsol Honda lainnya, Dani Pedrosa, finis keempat.

Rossi yang memimpin di 12 lap pertama tidak terlalu kecewa dan berkomentar realistis: "Marc dan juga Jorge lebih kencang. Saya sudah berusaha dan menikmatinya. Trek di sini cukup menyulitkan, hasil podium sudah bagus."

Rossi tetap punya sesuatu untuk dirayakan di balapan yang juga ditonton legenda balapan Wayne Rainey dan Max Biaggi. Pembalap Italia itu membuktikan diri sebagai legenda hidup yang masih bisa bersaing di papan atas dan menjadi yang pertama dalam sejarah kelas premier untuk mencetak poin 4.000 sepanjang karirnya.

Finis kelima dalam balapan di Indianapolis ini adalah pembalap Tech 3 Yamaha Pol Espargaro, yang menaklukkan pembalap Ducati Andrea Dovizioso. Dovi yang finis keenam pantas kecewa karena di awal lomba dia bertarung ketat dengan Rossi dan bahkan sempat beberapa saat memimpin lomba. Namun begitu dia tertinggal dari trio Marquez, Lorenzo dan Rossi, daya juangnya seperti menurun.

Bradley Smith finis ketujuh juga untuk Tech 3, disusul pembalap Ducati lainnya, Cal Cruthlow. Pembalap debutan Scott Redding finis kesembilan untuk Gresini Honda, dan posisi sepuluh direbut oleh Hiroshi Aoyama dari tim Drive M7 Aspar.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:Fox Sports TV


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait