Kapal Tanker Singapura Tumpahkan Minyak di Korsel

INTERNASIONAL- Sebuah kapal tanker berbendera Singapura, yang bertabrakan dengan jembatan pendaratan pada akhir Januari lalu saat berlabuh di pelabuhan di selatan Korea Selatan, menumpahkan minyak lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya.

Seperti diberitakan Xinhua, menurut laporan dari Coast Guard Korsel pada Senin ini, sebanyak 164 ton atau 164 ribu liter telah tumpah di perairan tersebut. Sebelumnya diperkirakan, tumpahan hanya mencapai 800 liter.

Kapal tanker minyak tersebut berangkat dari Inggris pada awal Desember. Begitu berlabuh pada 31 Desember pukul 09.35 di dermaga Yeosu, sekitar 450 km sebelah barat daya dari Seoul, kapal ini menabrak jembatan penghubung hingga akhirnya memecahkan tiga pipa minyak. 

Menurut kepala Yeosu Coast Guard of Korea, Kim Sang-bae, kapal Singapura ini melaju dengan kecepatan 7 knot, lebih tinggi dari laju keselamatan yang direkomendasikan.

Sejak insiden itu, polisi maritim telah menerahkan 200 kapal, termasuk 60 kapal penjaga pantai, untuk mencegah penyebaran tumpahan minyak. Kebanyakan lapisan minyak berat telah berhasil diangkat dari perairan ini. tempo.co


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait