Enam Bulan Guru Madrasah Tak Terima Honor

Sumber Foto Istimewa

BENGKALIS, oketimes.com- Malang nian nasib ribuan guru honor madrasah Kabupaten Bengkalis, pasalnya sudah enam bulan terhitung sejak bulan Januari-Juni mereka belum terima honor. Kondisi tersebut tidak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya, lagi-lagi guru madrasah terabaikan.

Berbeda dengan guru honor dibawah naungan Dinas Pendidikan, kendati sama-sama berstatus honorer, mereka jauh lebih beruntung, bukan hanya nilai honorer yang mereka terima lebih tinggi dibanding guru madrasah, tapi yang sangat mencolok sejak sebulan lalu honor yang dalam naungan Disdik juga sudah dibayarkan, sedangkan guru madrasah sampai saat ini masih gigit jari.

"Kendati profesi kami sama sebagai guru pendidik, tapi sudah kelihatan betul perhatian dan pendangan Pemerintah ternyata tidaklah sama, dan Pemerintah terkesan membeda bedakan antara pendidikan agama dengan umum," ucap guru madrasah Zainuddin, Kamis (5/6/2014) kemarin.

Jika alasannya anggaran belum bisa dicairkan, mengapa untuk pembayaran guru honor disdik sudah bisa dibayarkan, terkait hal itu, Pemerintah terlihat masih mamandang sebelah mata dengan guru madrasah.

"Rasanya kami sebagai guru madrasah hanya disuruh mendengarkan pentingnya pendidikan agama, tapi kami sebagai guru pendidik madrasah harus terima kenyataan dengan persoalan kesejahteraan," papar Zainuddin lagi.

Zainuddin menambahkan, bahwa janji Pemerintah untuk meningkatkan pendidikan dengan mensejahterakan guru ternyata tidak berlaku untuk madrasah, begitupun janji pemerintah yang akan membayarkan honor guru pada tiap satu bulan," tapi ternyata sudah enam bulan setengah, kami mengajar, tapi belum juga terima gaji," keluh guru madrasah ini yang sambilan guru mengaji dari rumah ke rumah.

Terpisah, menurut Sekretaris Kemenag H Nasrun saat dihubungi mengatakan, bahwa kabar yang diterima dari Pemkab bahwa, dari seluruh dana hibah termasuk untuk pembayaran honor guru madrasah itu, DPA-nya belum ditandatangani, sehingga belum ada satupun dana hibah yang bisa dicairkan.

"Seperti itu kabar yang kami terima beberapa hari yang lalu, tapi perkembangan terakhir saya juga kurang tahu apakah sudah ditandatangan atau belum dan kita akui, dalam waktu dekat ini, rasa rasanya memang belum ada tanda-tanda honor madrasah akan segera tersalurkan," ujar Nasrun. (BO/dri)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait