Misi ke Pluto Sukses, New Horizons Kirim Status ke Bumi

Konsep gambar artis terhadap Misi New Horizon di sistem Pluto dengan tiga satelitnya

Laurel - Untuk pertama kalinya misi terbang melintasi Pluto meraih sukses besar. Pesawat ruang angkasa NASA, New Horizons, mengirim status ke pengendali di Bumi, yang menunjukkan penyelidik itu berhasil melakukan pertemuan bersejarah dengan Pluto, Selasa pagi, 14 Juli 2015.

Pesan itu datang ke pengendali misi di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins di Laurel, Maryland, pukul 8:52 p.m. EDT (pukul 7:52 a.m. Rabu, waktu Jakarta), atau 4,5 jam setelah New Horizons mengirimkannya.

"Kami memiliki pesawat ruang angkasa yang sehat," ujar manajer operasi misi Alice Bowman dari Laboratorium Fisika Terapan kepada pengendali misi yang melakukan standing ovation. "Kami sudah mencatat data sistem Pluto, dan kami sedang meninggalkan Pluto."

Kabar baik bergema di seluruh dunia. "Pluto baru saja mendapatkan pengunjung pertamanya! Thanks @NASA – ini adalah hari besar untuk penemuan dan kepemimpinan Amerika," cuit Presiden Barack Obama (@POTUS).

New Horizons berjarak sekitar 3 miliar mil (4,8 miliar kilometer) dari Bumi, sehingga komunikasi tidak dapat seketika. Dan pesawat ruang angkasa itu tidak dapat secara bersamaan mengirim pesan dan mengumpulkan data. Hal ini yang menjelaskan mengapa update tersebut tidak muncul lebih cepat.

Sementara tim pengendali fokus melakukan pengamatan pada saat dan di sekitar penerbangan terdekat dengan Pluto, yang terjadi pada pukul 7:49 a.m. EDT (6.49 p.m. waktu Jakarta).

Memang, check-in malam itu sangat singkat - hanya cukup untuk membuat tim misi tahu segalanya baik-baik saja. Segera setelah mengirim pesan, New Horizons melanjutkan pekerjaaan ilmiahnya.

Anggota tim misi mengatakan mereka telah memperkirakan New Horizons akan berhasil melakukan terbang lintas, tetapi mereka tidak bisa memastikan sampai mendengar dari penyelidik itu. New Horizons melesat melalui sistem Pluto pada sekitar 31.000 mph (50.000 km/h) - begitu cepat sehingga tabrakan dengan sepotong puing ukuran sebutir beras bisa merobohkan pesawat ruang angkasa itu.

Jadi check-in itu pun disambut dengan sorakan riuh oleh tim di Laboratorium dan pejabat NASA. "Anda telah menginspirasi generasi mendatang dengan luar biasa," kata Administrator NASA Charles Bolden kepada tim New Horizons dalam konferensi pers setelah check-in keberhasilan diumumkan, tadi malam, waktu Maryland.


Sumber: Livesciense


Tags :berita
Komentar Via Facebook :