Brigjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan Jabat Dankodiklat TNI

Brigjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan Jabat Dankodiklat TNI

JAKARTA, OKETIMES.com - Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko bertindak sebagai Inspektur Upacara pada acara penerimaan jabatan Komandan Kodiklat (Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan) TNI kepada Brigjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan yang sebelumnya menjabat sebagai Waaster Panglima TNI, bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (3/6/2015). Penerimaan jabatan tersebut berdasarkan keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/357/V/2015 tanggal 15 Mei 2015, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Panglima TNI dalam amanatnya menyampaikan bahwa, doktrin TNI merupakan aspek yang paling fundamental, yang dapat dituangkan kedalam tiga dimensi yaitu : pertama, dimensi ofensif-defensif-deterent; kedua, dimensi integrasi-disintegrasi dan ketiga, dimensi inovasi-stagnasi.

"Dimensi pertama merujuk pada karakteristik gelar kekuatan dan operasi militer, dimensi kedua merujuk pada apakah doktrin tersebut terintegrasi secara baik dengan grand strategy pertahanan nasional, sedangkan dimensi ketiga mengacu pada inovasi dan stagnasi dalam merespon lingkungan eksternal", kata Panglima TNI.

Dalam kaitan tersebut Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko berharap kepada Dankodiklat TNI Brigjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan, agar menyiapkan satuan untuk bergerak mengambil posisi tepat dan berani guna melakukan pengembangan doktrin TNI, dihadapkan kepada perspektif ancaman yang semakin bervariasi dan membutuhkan inovasi serta modifikasi yang signifikan.

"Doktrin tersebut harus menjadi dasar bagi penyelenggaraan pendidikan dan latihan, dalam rangka pengembangan kapasitas dan kapabilitas sumber daya, dalam konteks inter-operability operasionalisasi kekuatan TNI, baik interoperability manajemen dari unsur-unsur satuan TNI maupun inter-operablity operasionalisasi personel dan alutsista TNI", tegas Panglima TNI.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko atas nama komando mengucapkan selamat bertugas kepada Brigjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan selaku Dankodiklat TNI menggantikan Mayjen TNI (Mar) I Wayan Mendra yang telah memasuki masa pensiun. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Kasum TNI, Irjen TNI, Koorsahli Panglima TNI, para Asisten Panglima TNI dan Kabalakpus TNI, serta Ketua Umum Dharma Pertiwi beserta Pengurus.(rls/puspentni)


Tags :berita
Komentar Via Facebook :